Sunday, October 16, 2011

ECC THE BRIDGE : WALKING IN THE SPIRIT

ECC THE BRIDGE : WALKING IN THE SPIRIT
PELAYAN FIRMAN : KAK VICTOR (VICTOR HERIYANTO WAANG)
16 OKTOBER 2011


The Bridge, sekarang uda memasuki minggu terakhir dari #FAST21, lho setelah sudah 14 hari berpuasa. Puasa erat kaitannya dengan asupan firman Tuhan yang lebih banyak bagi roh kita. Karena itu tentunya kita harus tetap datang ke ibadah untuk mendengar firman yang disampaikan. Minggu kedua puasa diakhiri dengan firman oleh pastor kesayangan kita, Kak Victor. Tanpa banyak tulis lagi, langsung aja kita baca bareng-bareng ya firman yang disampein Kak Victor ini. (ringkasan dibuat berdasarkan firman yang disampaikan di ibadah Pelajar – pukul 13.00)


Galatia 5:25
Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh,

Melalui ayat tersebut ditekankan bahwa Roh Kudus bukanlah sebuah objek. Roh Kudus dapatmemimpin, yang menjadikan dia adalah seorang pribadi. Dan tentunya Roh Kudusbukanlah pribadi biasa. Roh Kudus adalah pribadi luar biasa yang jika Ia hidupdi dalam kita, maka kita akan menjadi pribadi yang baru dengan kekuatan baru juga.

Roma 15 : 13
Semoga Allah, sumber pengharapan, memenuhi kamu dengan segala sukacita dan damai sejahtera dalam iman kamu, supaya oleh kekuatan Roh Kudus kamu berlimpah-limpah dalam pengharapan.

Roh Kudus memberimanusia yang menerimanya kekuatan untuk melakukan berbagai hal besar yang Tuhanpercayakan. Kak Victor lalu membagi hal-hal besar tersebut ke dalam 3 kategori,yaitu:

- BIG THINGS
Mazmur 8 : 4
Jika aku melihat langit-Mu, buatan jari-Mu, bulan dan bintang-bintang yang Kautempatkan:

Kita semuanya harusnya takjub membacaayat di atas bahwa ternyata semua bintang di angkasa yang bahkan ukurannya jauhjauh jauuhhh lebih besar dari bumi maupun matahari diletakkan Tuhan hanyadengan jari. Dan Tuhan yang sangat besar melebihi segala sesuatu yang terbesartersebut tinggal di dalam diri kita sebagai Roh Kudus. Katakan: WOW! Olehkarena itu kita harus yakin dan percaya bahwa kita, ketika berjalan dalam rohdengan Roh Kudus, pasti dapat melakukan berbagai hal besar yang bahkanmelampaui apa yang pernah kita pikir maupun bayangkan.



- LIFE
Yehezkiel 37 : 1
Lalu kekuasaan Tuhan meliputi aku dan Ia membawa aku ke luar dengan perantaraan Roh-Nya dan menempatkan aku di tengah-tengah lembah, dan lembah ini penuh dengan tulang-tulang.

Sesuatu yang mengalami kematianmenunjukkan tidak ada Roh Kudus di sana. Why?Because:

Holy Spirit is the source of everything

Dalam satu perikop ayat dalamYehezkiel 37 : 1-14 terssebut menceritakan Yehezkiel yang dibawa Tuhan melihatsuatu tempat yang sudah mati.

Yehezkiel 37 : 9 – 10
Maka firman-Nya kepadaku: “Bernubuatlah kepada nafas hidup itu, bernubuatlah, hai anak manusia, dan katakanlah kepada nafas hidup itu: Beginilah firman Tuhan Allah: Hai nafas hidup, datanglah dari keempat penjuru angin, dan berembuslah ke dalam orang-orang yang terbunuh ini, supaya mereka hidup kembali.” Lalu aku bernubuat seperti yang diperintahkan-Nya kepadaku. Dan nafas hidup itu masuk di dalam mereka, sehingga mereka hidup kembali. Mereka menjejakkan kakinya, suatu tentara yang sangat besar.

Dan dari ayat tersebut dapat kitalihat bahwa Yehezkiel mendapat REMAnya Tuhan. Setelah menemukan rema tersebut,ia langsung memperkatakannya sehingga akhirnya segala yang mati tersebutmenjadi hidup kembali. Begitu juga dengan kita, kita dapat melakukan hal yangsama seperti Yehezkiel. Dalam setiap hal yang ‘mati’ yang kita temukan, maritemukan rema Tuhan terlebih dahulu. Perkatakan rema tersebut. Berulang-ulang.Terus dan terus. Sampai akhirnya segala yang mati menjadi hidup.

Namun di atas semua hal tersebut, RohKuduslah yang menjadi kunci penggerak dari semua kebangkitan atas ‘kematian’tersebut. Jika rema adalah mobil dan perkataan rema adalah bannya, maka RohKudus adalah bensinnya. Kita membutuhkan ketiganya untuk melaju menujukehidupan. Karena itu, mari berjalan dalam Roh Kudus agar semua aspek hidupkita yang mulai mati atau sudah mati, entah itu finansial, hubungan, keluarga,studi, pekerjaan, visi, dsb menjadi hidup kembali karena Tuhan. Hadirat Tuhanyang turun akan menghidupkan segala sesuatu.

- FUTURE
Sebenarnya, Tuhan telah menetapkanvisi dari hidup kita di dunia semenjak jauh sebelum kita dilahirkan. Setiapkita dilahirkan ke dunia dengan suatu tujuan mulai tertentu yang telahditetapkan Tuhan. Sudah ada jalan demi jalan yang Tuhan sediakan untuk kitalalui agar mencapai visi tersebut. Namun manusia seringkali berjalan sesukanya.Tidak mengindahkan jalan yang Tuhan tentukan. Kak Victor pun berkata:

Jika kita berjalan sesuka kita, maka kita tidak akan bisa melihat masa depan
Oleh sebab itu berjalanlah dijalannya Tuhan. Bagaimana cara untuk mengetahui yang mana jalan Tuhan?Jawabannya ada pada Roh Kudus. Hanya Roh Kudus lah yang bisa mengetahui apa isipikiran Tuhan, karena Ia-lah Tuhan. Oleh sebab itu ketika kita bergaul eratdengan Roh Kudus, maka ketika kita berdoa dengan-Nya, Ia akan naik ke tahtanyaTuhan di Sorga, berbicara dengan Tuhan, lallu memberi tahu kita apa yangmenjadi isi pikiran Tuhan tentang diri kita dan masa depan kita.

Berjalan dalam Roh Tuhan membuat kitamengambil langkah sesuai dengan apa yang Tuhan inginkan dalam hidup kita. Akanada kekekalan demi kekekalan yang kita capai ketika kita berjalan dengan Roh Kudus.

Big things, life, and future adalah tiga hal yang pasti kita lakukan dan dapat ketika berjalan bersama Roh Kudus. Sebelum Kak Victormengakhiri khotbahnya, Kak Victor memberikan catatan terakhir.

Roh Kudus itu omnipresent (ada di mana saja dan disegala waktu), namun Ia tidak akan memanifestasikan kuasa-Nya di sembarangtempat. Jika manusia tidak melibatkan Dia dalam berbagai aspek kehidupan maupunkeputusan yang manusia ambil, maka Roh Kudus dapat pergi. Hal yang inimenakutkan bagi kita karena ketika Roh Kudus pergi meninggalkan kita, kitatidak akan pernah tahu kapan dan bagaimana. Jangan sampai semuanya sudah terlambat.

Yohanes 1 : 29
Pada keesokan harinya Yohanes melihat Yesus datang kepadanya dan ia berkata: “Lihatlah Anak domba Allah, yang menghapus dosa dunia.

Yohanes 1 : 32
Dan Yohanes memberi kesaksian, katanya: “Aku telah melihat Roh turun dari langit seperti merpati, dan Ia tinggal di atas-Nya.

Roh Kudus digambarkan di dalam Alkitab seperti merpati. Merpati menggambarkan sifat RohKudus yang pemalu, sangat lembut, dan sensitif. Serta Yesus digambarkan dalam Alkitab sebagai Anak domba. Dan dikatakan bahwa merpati tinggal di atas Anak domba tersebut.

Kita semua tahusekarang bahwa Roh Kudus walaupun memiliki sifat seperti merpati, namun ia powerful. Tidak dapat dipungkiri bahwakita sangat membutuhkan Dia untuk tinggal di atas kita. Bagaimana caranya agarRoh Kudus mau tinggal di atas kita? Dengan memiliki karakter seperti Anakdomba. Sama seperti Yesus ketika Ia hidup, seperti itulah kita harus hidup.Maka Roh Kudus akan datang dan tinggal di atas kita dan bersama-sama akan melakukan berbagai pekerjaan besar di bumi untuk kemuliaan Tuhan.

No comments: