Monday, March 12, 2012

ECC Morning Service: Extra Mile

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Semua orang selalu senang mendapatkan sesuatu yang extra, bahkan mencari sesuatu yang memberi bonus extra.Tapi tahukan kita sesuatu yang extra datang ketika kita memberikan atau bekerja extra dari apa yang biasa kita kerjakan. Untuk mendapat sesuatu yang lebih, kita harus mau memberikan lebih jadi jika kita ingin hidup kita mengalami peningkatan kita juga harus meningkatkan lapasitas kita. Alkitab memiliki banyak contoh orang yang berhasil dalam hidupnya karena mereka selalu mengerjakan sesuatu lebih dari yang diminta.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pelayan Firman: Pastor Victor Waang
EXTRA MILE 

Definisi dari go the extra mile adalah:
to try harder to please someone or to get the task done correctly;
to do more than one is required to do to reach a goal;
to make more effort than what is expected of you, to do more and make a greater effort.

Intinya kita harus mengerjakan segala sesuatu dengan luar biasa dan bahkan lebih dari yang diminta.


Alkitab menuliskan 3 hal yang akan terjadi dalam hidup kita jika kita memiliki kualitas Extra Mile ini:

BETTER FUTURE
Ketika Abraham memerintahkan Eliezer untuk mencari istri untuk anaknya Ishak,  dan ketika Eliezer sedang berada di sebuah sumur, ia menemukan seorang gadis yang cantik dan menarik, bernama Ribka, lalu Eliezer meminta minum kepadanya, Ribka memberi dia minum tetapi tidak berhenti di situ, dengan segera dia juga pergi mengambil minum untuk 10 unta yang dibawa oleh Eliezer. 


Pekerjaan tersebut bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah karena seekor unta akan membutuhkan minum sebanyak 100 liter, artinya Ribka harus mengangkat air sebanyak 1.000 liter dari sumur untuk memberi minum unta-unta Eliezer, seseorang yang dia baru saja kenal. (Kejadian 24:10 – 22)

Namun kesediaan Ribka untuk berbuat lebih daripada yang diminta membuat dia berbeda dengan gadis-gadis lainnya dan akhirnya dialah menjadi orang yang dipilih untuk menjadi istri Ishak, dan hal itu merubah masa depannya. 
“Degree of your willingness is measured by the SPEED of your service.“Procrastination is the thief of time and the grave of opportunity –
- AR Bernard -
Seberapa cepat kita mengerjakan sesuatu menunjukan seberapa kuat keinginan dan kesediaan kita untuk melakukan sesuatu.

Ketika Ribka bersegera melakukan apa yang diminta dan melakukan lebih dari yang diminta, Ribka menemukan masa depannya. Hal yang sama akan terjadi pada kehidupan kita masing-masing, kita akan menemukan masa depan kita jika kita mau melakukan segala sesuatu lebih dari yang diminta. 

Orang selalu mencari metode yang lebih baik, sedangkan
Tuhan sedang mencari orang yang lebih baik
- Kong Hee -

Salah satu seniman terbesar yang pernah ada, Michelangelo adalah seorang pematung yang cukup terkenal pada jamannya. Namun suatu hari Paus Julius II meminta dia untuk melukis langit-langit di Chapel Sistine di Roma. Dia diminta untuk melukis gambar Perjamuan Kudus Yesus Terakhir di langit-langit Chapel tersebut. 

Sebagai pematung dia bisa saja menolak tawaran yang diterimanya, namun apa yang dia lakukan adalah sebaliknya, dia bukan hanya  melakukan apa yang dimainta, dia juga melukis puluhan cerita di Alkitab, dia melukis 350 gambar dan luasnya 5.000 m persegi. Dia mengerjakan selama 4 tahun, sendirian di sebuah Chapel yang sepi. Hal itu yang membuatnya sekarang dikenal sebagai salah satu pelukis terhebat yang pernah hidup. Karena dia melakukan lebih dari yang diminta.

EXCELLENT is the attention to DETAILS leading to SUPERIOR performance

BLESSING
Hal kedua yang akan kita dapatkan adalah berkat, Tuhan memberkati orang yang mau melakukan segala sesuatu dengan extra mile. Bagaimanapun keadaan kita sekarang, berkat pasti turun kepada orang yang mau melakukan segala sesuatu lebih dari yang diminta.
 Anak dari Ribka dan Ishak , Yakub memiliki sifat sama dengan ibunya. Setelah Yakub menjadi dewasa, dia juga menjadi seorang pekerja yang luar biasa. Alkitab mengatakan Yakub bekerja selama 7 tahun tanpa dibayar untuk mendapatkan anak Laban, Rachel. 

Namun setelah 7 tahun dilewati, Laban tidak mau kehilangan pegawai terbaiknya yang membuat ternaknya berlipat ganda, dan dia menipu Yakub dengan memberikan Lea untuk dinikahi Yakub. Yakub tidak menyerah dan dia bekerja 7 tahun lagi tanpa diupah untuk mendapatkan Rachel .
Yakub bekerja tanpa diupah selama 14 tahun kepada orang yang berulang kali menipu dia demi mendapatkan Rachel. Namun Yakub adalah orang yang sangat extra mile.

Kejadian 31:40-42
40 Aku dimakan panas hari waktu siang dan kedinginan waktu malam, dan mataku jauh dari pada tertidur.
41 Selama dua puluh tahun ini aku di rumahmu; aku telah bekerja padamu empat belas tahun lamanya untuk mendapat kedua anakmu dan enam tahun untuk mendapat ternakmu, dan engkau telah sepuluh kali mengubah upahku.
42 Seandainya Allah ayahku, Allah Abraham dan Yang Disegani oleh Ishak tidak menyertai aku, tentulah engkau sekarang membiarkan aku pergi dengan tangan hampa; tetapi kesengsaraanku dan jerih payahku telah diperhatikan Allah dan Ia telah menjatuhkan putusan tadi malam."

Ayat di atas menceritakan bahwa Yakub bekerja keras siang dan malam selama 20 tahun, pada seorang boss yang licik. Namun dia tidak pernah menyerah dan Dia percaya bahwa Allah yang dia sembah adalah Tuhan yang melihat semua jerih payah yang dia lakukan.
Sebelumnya Yakub datang ke Haran hanya dengan membawa sebuah tongkat, namun 20 tahun kemudian dia pergi dari Haran dengan membawa istri, anak dan ternak yang begitu banyak, meskipun dia bekerja kepada seseorang yang menipu dia. Hal itu terjadi karena Yakub tidak menyembah Tuhan yang buta, Tuhan melihat jerih payahnya, dan memberinya imbalan sesuai dengan apa yang dilakukannya, dan memberikan upah yang pantas diterimanya.

Hal yang sama akan terjadi dengan kita, Tuhan kita tidak akan menahan berkatNya. Selama kita terus bekerja keras, terus melakukan segala sesuatu dengan extra mile, maka kapasitas kita akan bertambah besar. Dan dengan kapasitas yang meningkat, maka daya tampung kita untuk berkat, dan kepercayaan akan meningkat, dan Tuhan akan memberikan hal tersebut dalam kehidupan kita.

Untuk mendapat berkat yang lebih, kita harus terus memperbesar kapasitas kita, dengan melakukan segala hal yang dipercayakan kepada kita dengan extra mile.
Seorang teman Pastor Victor adalah seorang pendeta yang gajinya hanya 3 juta sebulan. Gaji tersebut tentu cukup kecil untuk jaman sekarang. Apalagi dia sudah berkeluarga dan memiliki 2 orang anak. 

Namun dia adalah orang yang selalu mengerjakan sesuatu secara extra mile.  Jadi meskipun pekerjaannya hanya bergaji rendah, berkat Tuhan terus mengalir dalam hidupnya, sehingga dia saat ini sudah melunasi cicilan rumahnya, memiliki sebuah mobil.

Mata Tuhan tidak buta, meskipun hari ini anda bekerja di sebuah perusahaan yang tidak menghargai anda dengan sepantasnya, mata Tuhan tidak buta, dan Dia punya banyak sumber untuk memberkati kita semua. Sumber berkatnya bisa datang dari mana saja. Kita hanya perlu bekerja secara extra mile, dan memperbesar kapasitas dan daya tampung kita. Sehingga Tuhan bisa memberikan lebih banyak berkat kepada kita.

PROMOTION
Yusuf dijual sebagai budak kepada Potifar, namun Firman Tuhan berkata :

Kejadian 39:4
4 maka Yusuf mendapat kasih tuannya, dan ia boleh melayani dia; kepada Yusuf diberikannya kuasa atas rumahnya dan segala miliknya diserahkannya pada kekuasaan Yusuf

Yusuf adalah budak Potifar, namun dia diberikan kuasa akan segala harta Potifar, hal itu terjadi karena Yusuf adalah orang yang selalu mengerjakan sesuatu dengan extra mile, mengerjakan sesuatu lebih dari yang diminta. Setelah itu Yusuf dipenjara, namun bahkan dipenjara pun dia mendapatkan promosi, sehingga kepala penjara mengangkat dia sebagai orang kepercayaannya, dan dipercaya untuk mengurus tahanan-tahanan lainnya.

Untuk mendapat promosi kita harus melakukan segala hal dengan lebih baik. Menjadi excellent dan exceeding expectation, promosi pasti akan datang. Karena Tuhan kita adalah Tuhan yang adil. 

Dalam 1 bulan terakhir, Amerika Serikat sedang dilanda sebuah “demam” yang disebut Linsanity, dan “deman” tersebut akhirnya melanda hampir ke seluruh dunia. Hal ini disebabkan karena seorang pemain basket keturunan Taiwan bernama Jeremy Lin, secara tiba-tiba menjadi superstrar di NBA. Sebelumnya tidak ada orang yang mengenal dia. 

Dia sudah 2 tahun di NBA namun tidak pernah bermain semenit pun, namum meskipun demikian di setiap latihan dia selalu bekerja dengan sekeras mungkin, dia selalu datang lebih cepat, dan pulang lebih lambat dalam setiap latihan,  dia terus menerus menjalani hal tersebut tanpa pernah menyerah, dengan sabar menunggu promosi dari Tuhan.

Sampai suatu hari karena ada beberapa pemain yang cedera di waktu yang sama , pelatih tidak memiliki pilihan lain dan dia akhirnya dimainkan. Dan sejak itu dia membawa timanya New York Knicks yang sebelumnya  terpuruk memenangkan 6 pertandingan berturut-turut. Dia menjadi motor utama timnya dan memecahkan rekor di NBA karena penampilannya yang sangat luar biasa.

Dan dalam setiap interview, Jeremy Lin selalu mengatakan “Tuhan Yesus yang mengerjakannya untuk saya.”
Sukses adalah persiapan 95 persen, yang bertemu dengan kesempatan 5%.
Jangan pernah menyerah, lakukan semuanya secara extra mile, karena Tuhan kita tidak buta, ketika Tuhan menurunkan berkat, promosi dan masa depan, tidak ada seorang pun di dunia ini yang bisa menghalangi kita.

Ambilah tanggung jawab lebih, lakukan sesu`tu lebih dari yang diminta, dan nantikan Kairos dari Tuhan. 

Seseorang menjadi pahlawan bukan karena ia lebih berani dari yang lain, melainkan karena ia bersikap berani sepuluh menit lebih lama - Ralph Waldo Emerson

Mat 26 : 39
Maka Ia maju sedikit, lalu sujud dan berdoa, kata-Nya: "Ya Bapa-Ku, jikalau sekiranya mungkin, biarlah cawan ini lalu dari pada-Ku, tetapi janganlah seperti yang Kukehendaki melmelainkan seperti yang Engkau kehendaki."

No comments: