Friday, December 3, 2010

ECC MORNING SERVICE: The Power of Right Relationship

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Margaret Thetcher pernah berkata, “ Show me your friend, and I will show you your future.” Disadari atau tidak teman-teman yang ada di sekitar kita, lingkungan dimana kita bergaul akan berpengaruh terhadap kehidupan kita saat ini dan kehidupan di masa yang akan datang. Sebagai orang percaya kita dibentuk dan dinilai melalui cara kita behubungan. Kedewasaan kita dapat dilihat dari cara kita menjaga hubungan dengan orang lain. Hubungan yang baik akan membawa kita ke level yang lebih tinggi dalam kehidupan.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pelayan Firman : Victor Waang
THE POWER OF RIGHT RELATIONSHIP
 

Yud 1:11
Celakalah mereka, karena mereka mengikuti jalan yang ditempuh Kain dan karena mereka, oleh sebab upah, menceburkan diri ke dalam kesesatan Bileam, dan mereka binasa karena kedurhakaan seperti Korah.

Jalan yang ditempuh Kain yang ditulis dalam ayat di atas adalah, jalan yang anti hubungan, anti komunitas dan akhirnya anti Tuhan, karena Tuhan menyukai hubungan. Hari-hari ini roh Kain itu bermanifestasi dalam kehidupan banyak orang Kristen. Manifestasi itu muncul dalam hal-hal di bawah.

KRISTEN PETAPA
Orang yang merasa hubungannya dengan Tuhan cukup dia lakukan dengan interaksi pribadi dengan Tuhan dan tidak perlu berhubungan dengan orang Kristen yang lain. Jika orang tersebut mau mendengarkan khotbah, dia cukup mendengar rekaman khotbah dari hamba-hamba Tuhan terkenal di TV atau di Radio, jika dia mau memuji Tuhan cukup hanya mendengar CD rohani.

KRISTEN KAPAL SELAM
Orang Kristen yang hanya muncul di gereja pada, hari hari tertentu, biasa pada hari natal dan ketika dia menikah.

KRISTEN LINTAH
Moto dalam hidupnya hanya satu, “ I, Me, Myself”
Orang yang merasa mendapatkan sesuatu di gereja, tetapi tidak memiliki keinginan berbagi sesuatu kepada gereja atau orang-orang lain, orang yang hanya mementingkan dirinya sendiri.

KRISTEN LANDAK
Orang yang meyerang ketika orang tersebut mulai diajak ke komsel, atau diajak untuk melayani, orang yang tidak mau kehidupannya diusik-usik oleh orang lain. Ketika orang-orang lain mulai mendekati hidupnya dia langsung menyerang. Orang Kristen yang langsung menyerang ketika didekati.

KRISTEN KUPU KUPU
Orang yang pergi dari satu gereja ke gereja lain untuk mendapat berkat tetapi tidak pernah mau berkomitmen di gereja manapun. Orang Kristen yang hanya mau mencari makanan dan menolak untuk berkomitmen.

Jika tangan kita yang diikat oleh kawat berhari-hari, sehingga darah tidak bisa masuk ke tangannya, beberapa hari kemudian jari-jarinya akan mulai putus dan akhirnya tangannya putus karena tidak mendapatkan aliran darah.

Begitu juga dengan hidup kita, kita tidak bisa hidup sendiri, kita membutuhkan orang-orang yang ada sekitar kita yang bisa membawa kita ke level yang lebih tinggi. Yang bisa membuat hidup kita maksimal. Jika tidak kita akan menghancurkan hidup kita sendiri.

3 HAL PENTING DALAM MEMILIH TEMAN
CHOOSE THE FRIEND WISELY

Kita harus dengan bijak memilih orang-orang yang ada di sekitar kita, karena orang-orang tersebutlah yang akan menentukan sikap kita, keberhasilan kita, tanpa kita sadari mereka juga yang menentukan jalan yang akan kita pilih dan menentukan masa depan kita. Firman Tuhan mengatakan,

AMSAL 13:20
Siapa bergaul dengan orang bijak menjadi bijak, tetapi siapa berteman dengan orang bebal menjadi malang.

Suka atau tidak, teman-teman yang ada di sekitar kita akan menentukan seperti apa masa depan kita.

AMSAL 27:19.
"A mirror reflects a man's face, but what he is really like is shown by the kind of friends he chooses."

Ayat di atas juga mengatakan siapa diri kita akan ditunjukan dari teman-teman seperti apa yang kita pilih. Kita harus pintar memilih teman-teman kita, karena mereka menentukan kita akan naik atau akan turun.
25 tahun yang lalu Pastor Victor mengambil langkah yang radikal dengan masuk ke Persekutuan Doa El Shaddai, dia meninggalkan pergaulan dia sebelumnya dan masuk ke dalam komunitas tersebut.

Jika dia tidak mau melakukan perubahan itu, sekarang Pastor Victor tidak akan menjadi pendeta yang dikenal dan memberkati begitu banyak orang, jika dia tetap dalam pergaulannya yang dulu dia akan menjadi tukang ojek, karena teman-temannya waktu kecil dulu sekarang semuanya menjadi tukang ojek di daerah tempat dimana dia tinggal dulu.

Keputusan radikal yang diambil itu 25 tahun yang lalu, merubahnya dari seorang tukang ojek, menjadi orang yang dipakai Tuhan memberkati generasi, semuanya hanya karena dia memilih dengan bijak, dengan siapa dia bergaul.


YOUR FRIEND DETERMINE YOUR FUTURE
Ketika P. Victor masih kecil seorang temannya bernama Doni berkata kepadanya. Bahwa suatu saat nanti dia mau pergi ke Amerika. Pada saat itu P. Victor sebenarnya merasa itu adalah mimpi yang gila, dia bisa saja berkata,

“ Don… Pikir pake otak kalau pengen sesuatu… Kamu ini tinggal di pinggir sungai, keluargamu miskin, gimana caranya kamu bisa ke Amerika…. Pikir pake otak Don !”

Tetapi P. Victor tidak berkata seperti itu, dia berkata, “ Kalau kamu mau ke Amerika, kamu harus belajar bahasa Inggris.” . Teman yang sebenarnya adalah teman yang melindungi dan mendukung mimpi anda, dan bukan yang menjatuhkannya.

Setelah itu mereka berdua belajar bahasa Inggris, proses demi proses Doni lalui tanpa melupakan mimpinya itu dan saat ini Joni sudah bekerja dan tinggal di Amerika.

Begitulah teman yang kita perlukan dan sikap yang kita harus ambil sebagai teman yang baik, kita harus bisa menjadi orang yang melindungi mimpi teman kita, dan bukan menjadi orang yang menjatuhkannya. Pastikan orang-orang yang ada di sekitar kita adalah orang-orang yang mau menolong kita mencapai mimpi-mimpi kita dan bukan orang yang menjatuhkannya.
A True Friend Will Help To Protect Your Dream

THAT'S IS ALWALYS A RELATIONSHIP THAT TAKES YOU TO ANOTHER LEVEL IN LIFE
Mar 2:2-5
Ayat di atas menceritakan tentang kisah orang lumpuh yang dibawa oleh keempat temannya ke hadapan Yesus, namun ruangan tempat Yesus berada sudah penuh, mereka naik ke atas membawa orang lumpuh itu, membuka atap dan menurunkan orang lumpuh itu tepat di hadapan Yesus.

Melihat hal itu, Yesus berkata demikian,

Mar 2:5
Ketika Yesus melihat iman mereka, berkatalah Ia kepada orang lumpuh itu: "Hai anak-Ku, dosamu sudah diampuni!"

Dalam ayat di atas Yesus tidak membahas iman dari orang lumpuh tersebut, tetapi dia membahas tentang “mereka” yaitu teman-teman yang membawa orang lumpuh itu ke hadapannya. Karena iman merekalah, orang lumpuh itu diampuni.

“You need people in your life to take you beyond your all limitation”
Kita membutuhkan teman yang bisa membawa kita melewati segala keterbatasan kita. Seperti orang lumpuh ini, dia memiliki 4 orang teman yang membawa dia melewati segala keterbatasannya. Dia disembuhkan karena dia memiliki teman-teman yang bisa dan mau membawanya ke level yang baru dalam kehidupan.

Hubungannya dengan P. Nala membuat P. Victor naik ke level-level yang tidak bisa dilakukannya sendiri, begitu banyak promosi dan pengalaman menyenangkan yang dialaminya karena dia memiliki relationship dengan P. Nala.

Selain itu teman yang baik bukan hanya akan membawa ke dalam hal-hal yang kita suka, terkadang sahabat membawa kita ke level yang lebih tinggi lagi dengan cara memaksa kita melakukan apa yang sebenarnya tidak kita sukai, Tuhan menempatkan orang-orang di sekitar kita juga untuk melakukan hal tersebut.

Margaret Thetcher
“ Show me your friend, and I will show you your future.”

No comments: