Sunday, December 5, 2010

ECC Morning Service: Lukewarm

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kita semua harus menjalani kehidupan secara maksimal, living in the fullness life. Salah satu hal yang biasa menyebabkan kita gagal hidup maksimal adalah karena hidup kita dalam keadaan lukewarm (hangat / suam-suam kuku), hidup kita tidak dingin dan tidak panas. Hidup yang dalam keadaan biasa-biasa saja, dan tidak mengarah kemanapun.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pelayan Firman: Senior Pastor Nala Widya
LUKEWARM

Wahyu 3:15-16
3:15 Aku tahu segala pekerjaanmu: engkau tidak dingin dan tidak panas. Alangkah baiknya jika engkau dingin atau panas!
Jadi karena engkau suam-suam kuku, dan tidak dingin atau panas, Aku akan memuntahkan engkau dari mulut-Ku.

Surat ini diberikan Tuhan kepada jemaat di Laudikia, artinya pesan ini diberikan untuk orang-orang yang sudah mengenal Yesus, dengan tegas Tuhan mengatakan bahwa Dia tidak menyukai hambanya yang kehidupannya biasa-biasa saja, suam-suam kuku.

Arti dari lukewarm

Just slightly warm especially when expected to be hot
Adalah orang-orang yang kehidupannya diharapkan untuk menjadi maksimal tetapi hidupnya selalu biasa-biasa saja, pekerjaannya hanya diselesaikan seselesainya, hubungannya dengan Tuhan tidak mengalami kemajuan, orang yang hanya menjalani hidup sebisanya, dan seadanya, tidak pernah memiliki iman dan visi untuk kehidupan yang lebih baik.

Showing or having a little enthusiasm
Tanpa antusiasme dalam hidup orang tidak dapat mengalami kesuksesan dalam hidupnya, orang yang tersebut tidak memiliki interest dengan apa yang dikerjakannya.
Enthusiasm berasal dari kata en theos : di dalam Tuhan, orang yang antusias adalah orang punya Tuhan di dalam dirinya. Jadi jika secara spiritual kita terus bertumbuh, maka kehiupan jasmani kita juga akan terus tumbuh, begitu juga sebaliknya.

ALASAN MENGAPA ORANG BERADA DI TITIK SUAM-SUAM KUKU

Wahyu 3:17
Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang, 

MERASA SUDAH KAYA
Orang yang merasa dirinya sudah kaya, baik secara rohani dan juga jasmani, hal itu menyebabkan orang tersebut tidak mau belajar dan diajar, tidak mau memperbaiki dirinya lagi dan keluar dari zona nyamannya.

Orang yang meskipun hanya tinggal di rumah dengan satu kamar tidur bersama ketiga anaknya tetapi telah merasa cukup kaya dan cukup diberkati, dia merasa tidak perlu lagi memohon kepada Tuhan, atau mencari lagi rencana Tuhan dalam dirinya. Dalam keadaan apapun (baik berlipah secara materi atau kekurangan, baik sehat ataupun sakit setiap orang bisa saja merasa “kaya” dan menolak untuk membuat hidupnya lebih baik, hal itu bukan disebabkan karena rasa syukur atau keberhasilannya tetapi karena orang tersebut tidak mau keluar dari zona nyamannya. )

Ada juga orang yang merasa dulu dia sudah pernah dekat dengan Tuhan, dan merasa dulu dia sudah cukup “berjasa” dalam melayani Tuhan, orang yang merasa sudah cukup dipakai Tuhan, dan akhirnya membiarkan dirinya berenti untuk bertumbuh, sehingga kehidupan rohaninya berenti dan akhirnya kehidupan jasmaninya juga ikut berhenti. Orang yang berkata, “aku kaya” sering mengumbar masa lalunya, keberhasilan bahkan hubungannya dengan Tuhan di masa yang sudah lewat, tetapi tidak melakukan apa-apa untuk masa yang akan datang.
Orang yang tidak mau move on, belajar, dan memperbaiki diri setiap hari, mencari kehendak Tuhan setiap hari. Orang yang seperti ini secara rohani berenti dan secara jasmani juga berhenti.

APA YANG ALKITAB KATAKAN TERHADAP ORANG TERSEBUT
 
WAHYU 3:17
Karena engkau berkata: Aku kaya dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa, dan karena engkau tidak tahu, bahwa engkau melarat, dan malang, miskin, buta dan telanjang,

MELARAT DAN MALANG
Hidupnya tidak bahagia, meskipun dia masih Kristen, masih sering pergi ke gereja, tetapi tidak ada sukacita dalam hidupnya. Walaupun dia memiliki banyak hal dia tetap tidak berbahagia.

MISKIN
Hidupnya kesusahan, hidupnya miskin, tetapi dia terus berkata bahwa dia kaya, dan terus hidup dalam kemiskinan.

BUTA
Buta secara rohani, tidak memiliki visi kehidupan, dia tidak tahu apa yang harus mereka perbuat dalam hidup, dan tidak tahu apa yang Tuhan inginkan untuk dia lakukan dalam hidup.
Tuhan memang tidak pernah memberikan kita “blue print” akan kehidupan kita di masa-masa yang akan datang, Dia juga tidak menunjukan kita 12 langkah ke depan dalam kehidupan dan karir kita.

Alkitab mengatakan, “ Firman-Mu adalah pelita bagi kakiku” , orang yang jalan menggunakan pelita/ lantera tidak bisa melihat seluruh jalan ke depan, tetapi lantera menunjukan kemana kita harus melangkah. Selangkah demi selangkah Tuhan menunjukan jalannya kepada kita. Kita bisa melihat selangkah demi selangkah.
Orang yang memiliki Tuhan dalam hidupnya selalu ditunjukan apa yang harus dia perbuat, selangkah demi selangkah Tuhan membimbing orang tersebut menuju kehidupan yang terbaik.

TELANJANG
Terkadang ada orang yang hidupnya terlihat begitu rohani tetapi sebenarnya dia masih terikat dengan berbagai ikatan-ikatan dosa dalam kehidupannya. Orang tersebut menjalani kehidupan yang memalukan, meskipun dia bertopeng rohani.
Ini merupakan peringatan bagi semua, kepuasan dan kesombongan rohani kita bisa membuat kita jatuh kedalam ikatan dosa dan menjadi telanjang di hadapan Tuhan

NASIHAT TUHAN UNTUK JEMAAT LAUDIKIA
WAHYU 3:18
maka Aku menasihatkan engkau, supaya engkau membeli dari pada-Ku emas yang telah dimurnikan dalam api, agar engkau menjadi kaya, dan juga pakaian putih, supaya engkau memakainya, agar jangan kelihatan ketelanjanganmu yang memalukan; dan lagi minyak untuk melumas matamu, supaya engkau dapat melihat.

MEMBELI
Membeli menggambarkan usaha yang harus kita lakukan, Tuhan menasehatkan kita untuk mengusahakan sesusatu, ketika kita membeli kita harus memiliki uang dan harus berusaha mendapatkannya. Jika kita mau keluar dari kehidupan yang lukewarm, kita harus mengusahakannya.

EMAS YANG DIMURNIKAN
Tuhan sedang berbicara mengena kemurnian hati, kemurnian hanya bisa diuji dengan api, dengan masalah dalam hidup.

Kita harus berusaha dan bersedia dimurnikan hatinya, sebelum Tuhan ingin menjadikan kita kaya, mungkin Dia harus memurnikan kita melalui kebangkrutan. Emas dimurnikan dengan api, begitu juga dengan hati kita yang hanya bisa dimurnikan melalui penderitaan. Melalui penderitaan kita diuji untuk tetap setia dan beriman kepada-Nya. Kemurnian ada sesuatu yang harus kita usahakan.

PAKAIAN PUTIH
Hidup dalam kekudusan, untuk hidup dalam kekudusan membutuhkan usaha, kita harus mau membayar harga. Banyak hal yang harus kita korbankan untuk hidup dalam kekudusan, mungkin itu teman kita, lingkungan kita, mungkin kebiasaan-kebiasaan lama kita. Untuk hidup kudus kita harus mau membayar harga. Proses menjadi kudus bukanlah proses yang mudah dan enak, kita tidak bisa menjadi kudus hanya dengan berdoa, kita harus berusaha dan membayar harga.

MINYAK
Minyak menggambarkan urapan Tuhan.
Pengurapan tidak kita dapatkan dari minyak urapan, atau datang ke KKR dari satu tempat ke tempat yang lain. Pengurapan hanya akan kita dapatkan dari hubungan pribadi kita dengan Tuhan, ada harga yang harus kita bayar.

Supaya kita diurapi kita harus memiliki quality time dengan Tuhan, kita harus punya waktu untuk membaca dan merenungkan Firman Tuhan, kita harus mau memberikan waktu kita untuk memiliki hubungan pribadi dengan Bapa kita.
Menyediakan waktu setiap hari untuk berkomunikasi dengan Tuhan, mungkin kita harus mengorbankan waktu istirahat atau waktu besenang-senang kita. Tetapi memang untuk hidup dengan Tuhan ada harga yang harus dibayar, tidak ada pilihan lain.

Jangan mengejar pengurapan, jangan mengejar kuasa, tetapi kejarlah hubungan dengan Tuhan, karena melalui hubunganlah urapan dan kuasaNya dicurahkan.

Jemaat Laudikia kehilangan kemurnian hati, kekudusan dan hubungan dengan Tuhan, oleh sebab itu kehidupannya suam-suam kuku.

Apa yang harus dibuat untuk bisa keluar dari titik ini dan memiliki hidup yang maksimal?

BUKA PINTU
Bukalah pintu dan relakan hati untuk bertobat, mengaku salah, menerima kekurangan-kekurangan kita dan mengambil langkah untuk berubah. Biarkan Yesus masuk ke dalam hati anda.

WAHYU 3:20
Lihat, Aku berdiri di muka pintu dan mengetok; jikalau ada orang yang mendengar suara-Ku dan membukakan pintu, Aku akan masuk mendapatkannya dan Aku makan bersama-sama dengan dia, dan ia bersama-sama dengan Aku.

Kalau kita membuka pintu hati kita, Yesus akan melakukan 2 hal :

MAKAN BERSAMA
Makan bersama artinya fullness. Ada growth dalam hidup kita ada pertumbuhan yang maksimal dalam setiap sisi kehidupan kita, membuat kita strong yang membuat kita bertahan di setia season dalam kehidupan kita, kesulitan apa pun tidak akan menjatuhkan kita.

BERSEKUTU DENGAN TUHAN
Yang paling penting adalah ketika kita punya Tuhan, kita memiliki hubungan dengan Dia. Karena semuanya bisa berakhir, tetapi Tuhan akan selalu ada dalam hidup kita. Persekutuan dengan Tuhan membuat kita bisa merasa, You are alone but not lonely, kalau kita punya Yesus, kita bisa sendiri dan tidak kesepian.

Utamakanlah mencari Tuhan daripada apa pun juga, pergaulan kita, prestasi kita, tidak akan bisa menutupi kebutuhan kita, sebanyak apapun teman anda, sebanyak apa pun harta anda, tetap ada ruang kosong dalam hati anda. Kekosongan itu akan menyiksa kita, dan kekosongan itu hanya bisa diisi oleh Tuhan.

Kalau anda mengenal Yesus, anda bisa sendiri tetapi tidak akan pernah merasa kesepian, Tuhan akan memenuhi hidup anda.

No comments: