Sunday, December 5, 2010

ECC Morning Service: The Power of Prayers

Pelayan Firman: Pastor Arlene Johann
THE POWER OF PRAYERS

MENGAPA KITA HARUS BERDOA ?
GOD LOVES TO UNSWER YOUR PRAYER
MAT 7:7-11
7:7. "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.
7:8 Karena setiap orang yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu dibukakan.
7:9 Adakah seorang dari padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti,
7:10 atau memberi ular, jika ia meminta ikan?
7:11 Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta kepada-Nya."

Tuhan kita bukanlah Tuhan yang suka menahan berkat kepada anak-anaknya, Tuhan kita adalah Bapa yang jauh lebih baik dari bapa kita di rumah, kita harus merubah konsep kita dalam berpikir, kita harus menanamkan dalam hati kita bahwa Tuhan senang menjawab doa kita.

Tuhan sangat ingin mengabulkan doa kita, seperti tertulis pada ayat di atas, Tuhan ingin kita meminta, Dia ingin kita mengetok. Ia akan memberikan kepada orang yang meminta kepadanya.

Kalau saat ini kita belum mendapat apa-apa, mungkin kita belum meminta, kalau kita merasa pintu-pintu masih tertutup bagi kita, mungking saja kita belum mengetoknya. Jika anda menginginkan dan membutuhkan sesuatu, berdoa saja, minta saja dan ketok saja. 


BECOME ONE SPIRIT WITH GOD
1 Kor 6:17
Tetapi siapa yang mengikatkan dirinya pada Tuhan, menjadi satu roh dengan Dia.

Jika kita berdoa, kita akan menjadi satu roh dengan Tuhan, kita akan mengetahui dengan detail apa yang Dia inginkan dalam kehidupan kita. Jika kita memiliki kehidupan doa dengan Dia, Tuhan akan meng-cover kita dari segala keputusan-keputusan salah, yang akan menghambat hubungan kita dan memperlambat proses yang sedang kita jalani.

Ketika kita satu roh dengan Dia kita, keputusan-keputusan yang akan kita ambil dalam hidup bukan berdasarkan hikmat duniawi tetapi dengan hikmat surgawi. Kalau kita memiliki hikmat surgawi kita memiliki cara berpikir yang berbeda , cara padang kita terhadap masalah kita akan berubah, cara kita memperlakukan orang-orang di sekitar kita akan berubah, perkataan kita akan berubah karena ada impartansi dari Tuhan dalam cara berpikir dan sikap hati kita.

YAK 5:16-18
5:16 Karena itu hendaklah kamu saling mengaku dosamu dan saling mendoakan, supaya kamu sembuh. Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.
5:17 Elia adalah manusia biasa sama seperti kita, dan ia telah bersungguh-sungguh berdoa, supaya hujan jangan turun, dan hujanpun tidak turun di bumi selama tiga tahun dan enam bulan.
5:18 Lalu ia berdoa pula dan langit menurunkan hujan dan bumipun mengeluarkan buahnya.

When we pray, something happen. Itu merupakan kebenaran, ketika kita berdoa, sesuatu terjadi, ketika kita berdoa ada kuasa Tuhan yang dilepaskan.

Ayat 16 mengatakan “Doa orang yang benar, bila dengan yakin didoakan, sangat besar kuasanya.” , itulah kunci supaya doa-doa kita besar kuasanya,

TIGA CARA UNTUK MEMILIKI POWERFUL PRAYER LIFE

MENGAKU DOSA
2 Taw 7:14 dan umat-Ku, yang atasnya nama-Ku disebut, merendahkan diri, berdoa dan mencari wajah-Ku, lalu berbalik dari jalan-jalannya yang jahat, maka Aku akan mendengar dari sorga dan mengampuni dosa mereka, serta memulihkan negeri mereka.

Hal pertama supaya memiliki kehidupan doa yang powerful, supaya kita semangat dalam doa, dan doa-doa kita dikabulkan adalah menjadi orang benar, itu artinya kita harus mengakui dosa kita, kita hatus cepat bertobat dan mengakui kesalah kita kepada Tuhan. Kita harus merendahkan diri, mengakui kesalahan kita dan berbalik ke jalan Tuhan. Hidup dalam kebenaran adalah syarat pertama supaya doa kita memiliki kuasa dan dikabulkan.

BERDOA DENGAN IMAN
YAK 1:6-8
1:6 Hendaklah ia memintanya dalam iman, dan sama sekali jangan bimbang, sebab orang yang bimbang sama dengan gelombang laut, yang diombang-ambingkan kian ke mari oleh angin.
1:7 Orang yang demikian janganlah mengira, bahwa ia akan menerima sesuatu dari Tuhan.
1:8 Sebab orang yang mendua hati tidak akan tenang dalam hidupnya.

Hal kedua adalah Berdoalah dengan iman.
Iman bukanlah perasaan, iman bukan sesuatu yang bisa kita lihat dengan mata jasmani kita, tetapi iman adalah sesuatu yang absolut dalam hati kita. Alkitab mengatakan “orang yang bimbang tidak akan menerima sesuatu dari Tuhan.”

Kita harus serius dengan apa yang kita minta, jangan bimbang. Jangan menjadi orang yang meminta rumah, dan karena belum dikabulkan dia meminta rumah kontrakan, dan beberapa saat kemudian meminta gubuk karena Tuhan belum mengabulkannya.

Dengan Iman Abraham menadapat seorang anak, sehingga keturunannya menjadi besar di dunia, karena iman hana mendapat seorang anak, karena iman Daud bisa mengalahkan Goliat, seorang penggembala domba bisa mengalahkan prajurit yang seperti raksasa dibandingkan dengannya. Tuhan yang sama bisa mengabulkan doa-doa kita sekarang, kita hanya harus memiliki iman yang sama dengan mereka.

Tuhan berkata kalau kita bimbang, kita tidak akan menerima apapun dariNya, kita harus berdoa dengan Iman dan keyakinan, kita harus serius dengan apa yang kita minta, seorang Bapa hanya akan mengabulkan apa yang diminta secara serius oleh anaknya.


BERDOALAH DENGAN PASSION
LUK 18:1-8
18:1. Yesus mengatakan suatu perumpamaan kepada mereka untuk menegaskan, bahwa mereka harus selalu berdoa dengan tidak jemu-jemu.
18:2 Kata-Nya: "Dalam sebuah kota ada seorang hakim yang tidak takut akan Allah dan tidak menghormati seorangpun.
18:3 Dan di kota itu ada seorang janda yang selalu datang kepada hakim itu dan berkata: Belalah hakku terhadap lawanku.
18:4 Beberapa waktu lamanya hakim itu menolak. Tetapi kemudian ia berkata dalam hatinya: Walaupun aku tidak takut akan Allah dan tidak menghormati seorangpun,
18:5 namun karena janda ini menyusahkan aku, baiklah aku membenarkan dia, supaya jangan terus saja ia datang dan akhirnya menyerang aku."
18:6 Kata Tuhan: "Camkanlah apa yang dikatakan hakim yang lalim itu!
18:7 Tidakkah Allah akan membenarkan orang-orang pilihan-Nya yang siang malam berseru kepada-Nya? Dan adakah Ia mengulur-ulur waktu sebelum menolong mereka?
18:8 Aku berkata kepadamu: Ia akan segera membenarkan mereka. Akan tetapi, jika Anak Manusia itu datang, adakah Ia mendapati iman di bumi?"

Hal ketiga adalah Berdoalah dengan Passion
Alkitab meminta kita untuk berdoa dengan tidak jemu-jemu, bedoa dengan segenap hati. Jangan pernah bosan berdoa, jangan karena doa kita tidak dikabulkan kita berenti berdoa, berdoalah terus menerus, berdoa dengan semangat dan keinginan yang sangat kuat dengan segenap hati. Karena kalau kita berdoa dengan Passion, Tuhan pasti akan membuat sesuatu dalam hidup kita.
Berdoalah tanpa jemu-jemu karena Tuhan tidak pernah bosan mendengar doa dari anak-Nya.

Milikilah waktu doa pribadi dalam kehidupan sehari-hari anda, bangunlah kebiasaan untuk berdoa, bangunlah benteng yang melindungi hidup anda dalam doa. Milikilah dasar yang kuat dalam kehidupan anda. Marilah menjadi orang yang suka berdoa. Jangan tunggu sesuatu yang buruk menimpa kita, berdoalah untuk membangun benteng dalam kehidupan kita dan kehidupan keluarga kita.

No comments: