Monday, May 18, 2009

Ibadah, 10 Mei 2009 - Strong in Spirit (Part I)

------------------------------------------------------------------------------------------------------
Semua orang ingin menjadi orang yang kuat dalam segala hal, tak ada orang yang ingin menjadi lemah. Tetapi menjadi kuat itu bukanlah proses yang mudah, selain itu kita juga semakin hari harus terus memperbaiki diri kita untuk menjadi orang yang semakin kuat, proses ini adalah proses yang berlangsung seumur hidup kita. Dibutuhkan fondasi iman untuk menjadi kuat, tetapi meskipun demikian masalah akan selalu ada karena iblis akan selalu berupaya menghancurkan kita. Hari ini kita akan membahas tentang masalah-masalah tersebut.
------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pelayan Firman : Pastor Joshua Joshinaga
STRONG IN SPIRIT

YOH 10:10
Pencuri datang hanya untuk mencuri dan membunuh dan membinasakan; Aku datang, supaya mereka mempunyai hidup, dan mempunyainya dalam segala kelimpahan.

Beberapa waktu yang lalu mobil Pastor Josh, dibobol pencuri, pencuri itu mengambil semua yang ada di mobilnya termasuk laptop, handphone, ipod, dompet dll. Padahal mobil itu hanya diparkir beberapa menit saja didepan rumah orang tua Pastor Josh. Rasanya sulit menghindari musibah tersebut, meskipun kita sudah berhati-hati dalam menjaga barang kita.

Masalah dalam kehidupan dapat disebabkan oleh tiga hal:
MANUSIA
Manusia yang dimaksud disini adalah diri kita sendiri, kita sering kali mendapat masalah karena kemalasan kita, kecerobohan kita, emosi, dll. Banyak masalah yang dapat dihindari jika kita selalu berusaha melakukan yang terbaik dalam segala hal, dan berupaya memperbaiki kelemahan-kelamahan kita sendiri.
IBLIS
Seperti yang tertulis dalam Yoh 10-10, iblis akan selalu berusaha mencuri dan membinasakan kekuatan dan pengharapan kita, hal tersebut diizinkan oleh Tuhan untuk terjadi di dalam kehidupan kita karena Allah ingin melihat kita kuat, sama seperti seorang bapa yang ingin melihat anaknya menjadi kuat, itulah yang ingin dilakukan Bapa kita di surga kepada kita. Masalah ini tidak dapat kita hindari, hanya ada dua pilihan tepat ketika kita sedang diserang oleh si iblis, yaitu bertahan atau menyerang.
Prinsip bahwa hidup adalah peperangan harus selalu ditanamkan dalam diri kita, kita harus berperang dengan iblis dan kuasa-kuasa gelap. Karena iblis juga selalu berusaha menghancurkan kita, iblis ingin menghancurkan hubungan kita dengan Allah dan juga dengan sesama, merusak rencana Tuhan dalam hidup kita.
DIIZINKAN ALLAH
Ada juga masalah yang diizinkan oleh Allah untuk terjadi dalam hidup kita, dan itu bermaksud untuk membangun kita, untuk menjadi pribadi yang lebih baik.

EF 6:12
“ Karena perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging, tetapi melawan pemerintah-pemerintah, melawan penguasa-penguasa, melawan penghulu-penghulu dunia yang gelap ini, melawan roh-roh jahat di udara.”

PERJUANGANNYA BUKAN MELAWAN DARAH DAN DAGING

Ayat ini mengatakan bahwa perjuangan kita bukanlah melawan darah dan daging. Darah dan daging yang dimaksud adalah manusia, yang bisa merupakan orang-orang di sekitar kita, teman kita atau bahkan keluarga kita. .

Mungkin atasan anda mengucilkan anda, tetangga memfitnah anda, rekan bisnis menipu anda, sahabat menghianati anda, atau mungkin suami tidak menghargai anda. Siapapun itu ketahuilah bahwa Firman Tuhan mengatakan bahwa perjuangan kita bukan melawan mereka, tetapi melawan roh jahat yang sedang memakai mereka untuk menhancurkan hidup kita. Karena sangat mungkin mereka sedang dipakai iblis untuk menghancurkan hidup anda.
Jika itu terjadi maka bukan orangnya yang harus kita serang, melainkan roh jahat yang sedang mengendalikan orang itu. Karena musuh anda spiritual dan bukan jasmani.

EF 6:11,13
(11)Kenakanlah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat bertahan melawan tipu muslihat Iblis;
(13) Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu.

Ketika iblis menyerang kehidupan kita, ada dua pilihan yang bisa kita lakukan, yang pertama adalah bertahan (ayat 11) dan menyerang (ayat 12), untuk melakukan itu kita Allah memperlengkapi kita dengan senjata.

SENJATA
2 KOR 10: 3-4
Memang kami masih hidup di dunia, tetapi kami tidak berjuang secara duniawi, karena senjata kami dalam perjuangan bukanlah senjata duniawi, melainkan senjata yang diperlengkapi dengan kuasa Allah, yang sanggup untuk meruntuhkan benteng-benteng.

Senjata-senjata yang diberikan Allah untuk melawan iblis adalah:
1.PRAISE AND WORSHIP (MAZ 149:6-9)
Pujian dan penyembahan memiliki kekuatan untuk mengalahkan iblis yang siap menyerang kita, Alkitab mengatakan bahwa ada kekuatan dibalik pujian dan penyembahan, yang akan mendatangkan hukuman bagi musuh-musuh kita. Bapa kita di surga memberi kita senjata tersebut karena Dia ingin anak-anaknya yang menghukum iblis, untuk itu kita diberikan kuasa.
Janganlah terjebak dalam peperangan jasmani dengan saudara anda tetapi perangilah iblis dengan pujian dan penyembahan, karena ada kuasa yang menghancurkan iblis dibalik itu semua. Buatlah atmosfer rohani dalam kehidupan anda, puji dan sembahlah Dia, dan kalahkanlah iblis dalam setiap peperangan yang anda hadapi.
Pembantu orang tua Pastor Josh meminta untuk diajak ke gereja setelah ia menyanyikan lagu-lagu rohani yang dia dengar dari sinetron, itu adalah contoh bahwa pujian dan penyembahan memiliki kuasa.

No comments: