Friday, May 8, 2009

Ibadah, 3 Mei 2009 - Part 1

------------------------------------------------------------------------------------------------------
“Seberapa besar iman kita menentukan seberapa besar keberhasilan kita dan seberapa besar campur tangan Tuhan di hidup kita, minggu ini kita akan belajar cara untuk membuat iman kita bertumbuh, memiliki iman yang seperti biji sesawi.”
------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pelayan Firman : Senior Pastor Nala Widya
FAITH (part two)

MAT 17:20
Ia berkata kepada mereka: "Karena kamu kurang percaya. Sebab Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja kamu dapat berkata kepada gunung ini: Pindah dari tempat ini ke sana, maka gunung ini akan pindah, dan takkan ada yang mustahil bagimu.”

Dalam bahasa Inggris kata sebesar biji sesawi dituliskan sebagai “as a grain of mustard seed” atau mungkin lebih baik diterjemahkan sebagai “seperti biji sesawi”. Seperti pernah dibahas sebelumnya biji sesawi adalah biji yang sangat kecil, hampir seperti pasir, tetapi jika ditanam dapat tumbuh menjadi pohon yang sangat besar. Seperti itulah Tuhan menginginkan iman kita, iman kita harus bertumbuh, bertumbuh seperti biji sesawi.
Saat ini imanmu boleh kecil, tapi iman harus bertumbuh.

BEBERAPA TINGKAT PERTUMBUHAN IMAN
Level 1 - NO FAITH (MAR 4:40)
"Iapun bangun, menghardik angin itu dan berkata kepada danau itu: "Diam! Tenanglah!" Lalu angin itu reda dan danau itu menjadi teduh sekali. 40 “Lalu Ia berkata kepada mereka: "Mengapa kamu begitu takut? Mengapa kamu tidak percaya?"
Ketika murid-murid terkena badai di Danau Galilea mereka histeris sambil memanggil Tuhan Yesus. Lalu Yesus berkata, “Mengapa kamu tidak percaya?".
Prilaku seperti itulah yang menjadi ciri-ciri orang yang berada di level No Faith, ketika badai kehidupan menerpanya ia akan berteriak histeris dan ketakutan, ia mungkin memohon bantuan kepada Allah tetapi dia tidak percaya.

Orang yang punya iman seharusnya tidak histeris, histeris adalah tanda dari orang yang tidak memiliki iman.


Level 2 - LITTLE FAITH
Ciri-ciri orang yang memiliki iman di level ini adalah orang yang hidupnya dikuasai oleh rasa khawatir, orang seperti ini akan mengkhawatirkan segala hal, makanan, pakaian, uang, dll. Seakan-akan hidupnya selalu dalam kesulitan dan ia akan selalu mengeluh.

Orang yang punya iman seharusnya tidak khawatir, meskipun dalam kesulitan ia tetap bisa menikmati hidupnya, dan tetap bersyukur.


LEVEL 3 - GREAT FAITH (MAT 8:10)
Setelah Yesus mendengar hal itu, heranlah Ia dan berkata kepada mereka yang mengikuti-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya iman sebesar ini tidak pernah Aku jumpai pada seorangpun di antara orang Israel.”
Orang yang memiliki iman yang besar tidak perlu melihat sesuatu untuk percaya, jika Tuhan berkata ia akan sembuh maka ia tidak perlu melihat apapun dan ia percaya bahwa dia akan sembuh. Seperti prajurit romawi yang bertemu Yesus.

Orang yang punya Great Faith, memiliki iman yang sangat besar tetapi dia tidak memiliki iman akan segala hal, level tertinggi dari iman adalah


Level 4 - FULL OF FAITH
Smith Wigglesworth
Ia adalah salah satu contoh orang yang Full of Faith, dalam hidupnya ia menjadi berkat bagi banyak orang, banyak muzizat Tuhan terjadi melalui hidupnya, ia menyembuhkan orang yang terkena kanker dalam sebuah kebaktian, dll. Bagi dia jika Allah sudah berkata hal itu PASTI terjadi.

Orang yang percaya mengatakan PASTI terjadi. Orang yang percaya tidak bergantung pada perasaan, tetapi bergantung pada iman. Apapun boleh terjadi dalam hidupmu, tetapi imanmu tidak akan pernah berkurang.


No comments: