Friday, May 8, 2009

Ibadah, 3 Mei 2009 - Part 2

BAGAIMANA IMAN BISA BERTUMBUH ?

1.MENDENGAR FIRMAN
(ROM 10:17)

“ Jadi, iman timbul dari pendengaran, dan pendengaran oleh Firman Kristus.”
Pada jaman dahulu tidak semua orang memiliki Alkitab, karena Alkitab masih ditulis tangan, oleh karena itu orang bertumbuh imannya dengan mendengar Firman Tuhan, sekarang kita bisa mendengar Firman Tuhan dan juga bisa membacanya, dengan begitulah iman kita akan tumbuh.

2.KETIKA MENDENGAR JANGAN MENGERASKAN HATI
Penyebab mengapa iman kita tidak bertumbuh meskipun kita membaca Alkitab adalah karena kita mengeraskan hati kita, tidak ada gunanya kita mendengar atau mengatakan firman tetapi hati kita menolaknya. Ketika mendengar Firman, bukalah hati kita selebar-lebarnya biar hidup kita diubahkan.

Ada seorang anak Tuhan yang hidupnya berkecukupan, tetapi ia menderita kesakitan yang luar biasa karena masalah di tulang belakangnya, dan dia harus selalu hidup dengan suntikan pain killer, dia sudah pergi ke hamper setiap gereja-gereja besar di dunia dan minta didoakan oleh hamba-hamba Tuhan yang luar biasa, tetapi tetap saja tidak ada perubahan. Pastor Nala bertemu orang tersebut dan menyadari bahwa orang ini selalu mengeraskan hatinya dan menolak keajaiban Tuhan, setelah ditegur ia akhirnya sadar dan melembutkan hatinya setelah itu Pastor Nala mendoakannya, dan dalam satu minggu dia sudah terbebas dari suntikan pain killer.

Dengan mengeraskan hati, anda telah menghambat muzizat Tuhan terjadi dalam hidup anda.


3.MEMELIHARA IMAN (2 TIM 4:7)
“Aku telah mengakhiri pertandingan dengan baik, aku telah mencapai garis akhir dan telah memelihara iman.”
Kita harus tetap memelihara iman kita dengan meluangkan waktu untuk Tuhan, membaca Firmam, ikut persekutuan, pergi kebaktian di gereja, dll. Kesibukan tidak boleh menghambat kita untuk memelihara iman kita. Jika kita selalu bisa menyempatkan diri untuk makan, bagaimapun kesibukan kita. Hal yang sama harus kita lakukan juga dalam kehidupan rohani kita, kita harus selalu kreatif dalam meluangkan waktu untuk memelihara iman kita.

4.HIDUP DENGAN IMAN (2 KOR 5:7)
“Sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat.”
Selain dipelihara iman juga harus dilatih, sama seperti otot yang bertambah kuat jika terus dipakai, begitu juga dengan iman anda, harus selalu digunakan, sekecil apa pun iman anda, muzizat bisa terjadi dalam hidup anda jika anda terus menggunakannya.
Semakin besar iman, semakin sedikit bukti yang diperlukan.

No comments: