Sunday, June 5, 2011

ECC Morning Service: Spiritual Atmosphere

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai orang dewasa kita membutuhkan kebijaksanaan untuk bisa membuat pilihan yang tepat dalam kehidupan sehari-hari, karena sering kali kita dihadapkan dengan berbagai pertanyaan yang kita tidak mengerti dan tidak kita ketahui jawabannya. Kesalahan dalam memutuskan sering kali membuat kita berputar-putar di tempat yang sama dalam kehidupan, dan kesalahan-kesalahan tersebut juga menghabiskan waktu  dan umur kita.

Itulah sebabnya setiap kita membutuhkan seorang pribadi yang menjadi penasihat dan penolong yang selalu ada di kehidupan kita, seorang pribadi yang bisa membantu kita dalam setiap jalan dan keputusan yang kita ambil dalam kehidupan. Karena setiap hari umur kita bertambah dan jika kita ingin mencapai mimpi-mimpi kita dalam kehidupan, kita  tidak punya waktu untuk kesalahan-kesalahan yang biasa kita lakukan. Hari ini kita akan belajar lebih dalam lagi tentang pribadi tersebut.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pelayan Firman: Pastor Essly The
SPIRITUAL  ATMOSPHERE

Hari ini kita akan membahas seorang pribadi yang sangat dekat di hati Pastor Essly,pribadi  yang selalu ada dalam hidupnya, penasihat dan penolong dalam hidupnya.  Pribadi ini seharusnya juga sangat dekat dalam kehidupan kita semua, karena ribuan tahun yang lalu Yesus sendiri yang menjanjikan seorang penolong untuk kehidupan kita dan sekarang penolong ini sudah datang  dan mau beroperasi dan bermanifestasi dalam setiap hal di kehidupan kita, memberikan bantuan “dari atas” supaya kita bisa menjalani kehidupan yang maksimal dan efektif. 

Pribadi  itu adalah Roh Kudus, Roh yang dikirim untuk hidup di tengah-tengah kita, beroperasi di hidup kita dan bermanifestasi dalam hidup kita.
Untuk bisa memiliki kehidupan yang efektif, bisnis yang efektif, pelayanan yang efektif. Kita perlu bimbingan Roh Kudus. Bantuan yang jauh diluar kemampuan dan kapasitas kita, atau kapasitasitas orang manapun di dunia.

Dalam dunia kerja hampir setiap hari kita, berbicara dengan seseorang, melakukan deal-deal bisnis, dan seringkali keputusan harus kita ambil dalam sekejap, tanpa memiliki waktu untuk menganalisa dan meminta pendapat dari orang lain.  Kita juga sering kali harus memutuskan untuk percaya atau tidak percaya kepada seseorang, yang belum lama kita kenal. Hal-hal tersebut seringkali tidak bisa kita hindari, itu sebabnya “bantuan dari atas” sangatlah kita butuhkan. 

Bayangkan jika dalam hidup masing-masing, kita memiliki Roh Kudus yang menjamah kita, dan melindungi kita, Roh Kudus yang membuat kehidupan kita berhasil dalam segala hal kita lakukan. Roh yang menjamah dan turun pada setiap orang yang ada dalam kehidupan kita, yang memeluk kita dan menenangkan kita.


Kisah Para Rasul 10 : 44 – 46
Ketika Petrus sedang berkata demikian, turunlah Roh Kudus ke atas semua orang yang mendengarkan pemberitaan itu. Dan semua orang percaya dari golongan bersunat yang menyertai Petrus, tersengang-cengang, karena melihat, bahwa karunia Roh Kudus dicurahkan ke atas bangsa-bangsa lain juga, 

Selama ini kita sering mengenal kehadiran Roh Kudus digambarkan seperti burung merpati, angin, dan juga curahan air, saat ini kita akan membahas bentuk lain dari kehadiran Roh Kudus di dunia, yaitu melalui Spiritual Atmosphere.

Jika anda sering merasa terberkati oleh sebuah lagu dalam pujian dan penyembahan yang dibawakan dalam acara-acara rohani itu adalah salah satu contoh dari sebuah spiritual Atmosphere yang  terbentuk dalam suatu tempat atau acara, hal itu terjadi bukan karena lagunya, karena itu mungkin merupakan lagu yang sama yang kita dengarkan di rumah atau di mobil kita, perbedaannya adalah karena ada di tempat tersebut ada spiritual atmosphere yang begitu kuat, sehingga Roh Kudus menyentuh hati kita masing-masing saat itu. Itu bedanya ibadah di Gereja dengan pertemuan-pertemuan lainnya, karena di gereja ada spiritual atmosphere yang begitu kuat, yang turun ke atas orang-orang dan bisa menuntun dan merubahkan kehidupan.

Pengalaman Pastor Essly ketika mahasiswa dulu, bisa menjelaskan bagaimana Spiritual Atmosphere bisa tercurah dan merubah kehidupan seseorang. 

Ketika masih remaja dulu Pastor Essly tidak pernah ke gereja, terakhir kali dia pergi ke gereja ketika dia berada di kelas 1 SMP. Dia baru kembali datang lagi ke  gereja ketika dia mahasiswa, karena diajak salah satu temannya ke El Shaddai. Saat itu dia sama sekali tidak mengerti ajaran-ajaran Firman Tuhan, bahkan cenderung anti terhadap hal-hal yang bersifat rohani. Saat itu dia sama sekali tidak mengetahui apa dan siapa Roh Kudus.  

Pada hari itu dia tidak ingat mengenai khotbah yang dibagikan atau siapa yang membagikannya, dia hampir melupakan sebagian besar acara pada ibadah hari itu, namun ketika penyembahan Spiritual Atmosphere yang ada di tempat itu menyentuh hati  Pator Essly, saat itu Roh Kudus turun ke atasnya sehingga dia terus menangis, dia tidak mengerti dan mengetahui sebabnya. Spiritual Atmosphere yang kuat bisa membuat Roh Kudus menjamah kehidupan seseorang yang sama sekali tidak pernah mengenalNya.
 
Itulah yang membuat kehidupan Pastor Essly berubah sejak saat itu dia menjadi rajin pergi ke gereja dan hanya beberapa saat kemudian dia memutuskan untuk dibabtis, ketika dia dibabtis Pator Essly mendengar dengan jelas suara Tuhan yang berkata-kata padanya. Pada saat itu kehidupan dia sedang kacau dan dilanda berbagai masalah. Pada saat dia dibabtis Tuhan berkata:  “Sepanjang hidupmu aku akan menjadi Tuhanmu, Aku akan menjadi Bapakmu, dan Aku akan menggantikan semua ratapan menjadi nyanyian dan tarian.”
 
Suara Tuhan terdengar begitu jelas dan berbicara pada dirinya. Padahal sebelumnya dia tidak pernah megalami hal yang sama, dan tidak pernah belajar mengenai bagaimana mendengar suara Tuhan. Dia mengetahuinya begitu saja, dia tahu bahwa suara itu adalah suara Tuhan.
Saat itu juga kehidupanya berubah, karena Roh Kudus “mencengkaram” kehidupannya menuntun kehidupannya dan merubah ratapan menjadi nyanyian dan tarian.

Jika dijabarkan Spiritual Atmosphere dalam kehidupan seseorang akan bermanifestasi dalam hidup kita dengan cara-cara sebagai berikut.
 
Holy Spirit Sustain Our Life In Christ (Roh Kudus Menopang / Mempertahankan Kehidupan Rohani Kita) 
Jika kita kekurangan oksigen, maka hal pertama yang akan kita rasakan adalah hilangnya nafsu makan kita, hal yang sama akan terjadi dalam kehidupan rohani kita tanpa adanya Roh Kudus kita akan kehilangan nafsu makan rohani kita. Makanan rohani adalah Firman Tuhan, ketika spiritual atmosphere mulai hilang di kehidupan kita, maka manusia rohani kita juga berangsur-angsur akan mati, kita bisa memerikasanya dalam kehidupan kita, jika kita mulai kehilangan semangat kita untuk membaca firman maupun merenungkannya, maka itu merupakan indikasi  bahwa atmosfere rohani mulai menghilang dari kehidupan kita.
 
Sama seperti bumi kita diselimuti oleh atmosphere, dan merupakan hal yang sangat essential dalam melindungi bumi ini. Spiritual atmosphere juga sangat berpengaruh pada kehidupan kita, spiritual atmosphere menaungi dan menopang kehidupan orang percaya, di dalam kehidupan kita Roh Kudus juga memberi nafas buat kehidupan rohani kita.
 
Holy Spirit Presses Us Closer To God (Roh Kudus Menekan Dan Mendorong Kita Untuk Selalu Dekat Dengan Tuhan) 
Roh Kudus juga berfungsi seperti gravitasi dalam kehidupan kita, adanya atmosfir pada rohani dalam kehudupan kita, seakan-akan menekan kita untuk tetap berada dekat dengan Tuhan sebagai sumber. Roh Kudus manarik kita untuk tetap dekat dengan Tuhan.

Holy Spirit Protects Us From Demonic Attack (Roh Kudus Melindungi Kita Dari Serangan Iblis)
Atmosfir di bumi ini membuat kita terlindungi dari berbagai benda angkasa yang bisa tiba-tiba “nyasar” ke Bumi ini, tanpa atmosfir bumi akan rusak dari berbagai  hantaman benda angkasa. Secara roh, kehidupan rohani kita membuat kita terlindungi dari berbagai serangan iblis yang ada di dunia ini. Keberadaan Roh Kudus adalah atmosfir dalam kehidupan rohani kita. Roh Kudus melindungi kita dari berbagai serangan iblis. Atmosfir yang tebal melindungi kita dari setiap tipu daya dan serangan iblis, berbagai bencana dan kejadian-kejadian buruk yang bisa membuat keluar dari track-nya Tuhan, sehingga hidup kita bisa maksimal dan terus bergerak menuju visi hidup kita masing -masing.
 
Holy Spirit Impart Things / Blessing (Roh Kudus Mengimpartasikan Sesuatu / Berkat)
Itu sebabnya ketika kita berada dalam spiritual atmosphere yang kuat, kita sering kali mendapat revelation dari Tuhan. Revelation from God tidak hanya mengenai kehidupan rohani, tetapi dapat juga merupakan ide-ide bisnis yang baru dan berbagai solusi dalam masalah yang sedang kita hadapi.

Roh Kudus bisa dan akan memberikan berbagai “pengetahuan dari surga” dalam bisnis dan pekerjaan kita, sesuatu yang tidak akan dimiliki orang-orang yang tidak hidup dalam Spiritual Atmosphere.

Holy Spirit Reflect The Beauty Of The Church (Roh Kudus Merefleksikan Keindahan Gereja Tuhan)
Jika kita memiliki spiritual atmosphere, maka hidup kita akan terlihat indah, karena keberadaan Roh Kudus dalam kehidupan seorang atau dalam sebuah gereja pasti membuatnya terlihat indah dimata orang lain, dan hal yang indah selalu menarik orang lain untuk datang ke dalamnya.

Kita harus bertanya kepada diri kita sendiri, apakah dalam kehidupan kita ada spiritual atmosphere, apakah di cell group kita ada spiritual yang melidungi kita, dan menarik orang-orang mendekat kepada kita. Kehidupan yang memiliki spiritual atmosphere yang kuat dapat merubah kehidupan orang lain, hanya dengan bertemu dan menjalani kehidupan bersama dengan kita, karena Roh Kudus dalam kehidupan kita bisa terinpartasi ke kehidupan orang-orang di sekitar kita.
 
Feel The Christ Presence Empower You More And More
2 Korintus 13 : 5 (Living Bible translation)
Check out yourself, are you really a Christian? Do you past the test? Do you feel Christ presence empower more and more within you or are you just pretending to be a Christian while actually you are not at all?”

Ayat di atas terdengar sangat tajam, dan mengatakan bahwa salah satu ciri seseorang adalah orang Kristen yang sesungguhnya adalah ketika dia merasakan kehadiran Tuhan lebih dan lebih lagi setiap harinya, dan menguatkan kita lebih dan lebih lagi. Jadi seorang Kristen yang sesungguhnya akan selalu naik dan bukan turun, jika kita merasa kehidupan rohani kita stuck atau bahkan turun, itu merupakan tanda kita mulai kehilangan jati diri kita sebagai seorang Kristen.

4 Things To Create  Strong Spiritual Atmosphere  


1. PRAY
Spiritual atmosphere tergantung pada doa setiap orang yang ada di dalamnya, dan bukan hanya doa para worship leader, pendeta, atau leader leader lainya. Doa, dan doa, hari ini kita mendapat satu lagi alasan mengapa kita harus berdoa. Kita harus terus berdoa lebih dan lebih lagi.
 
Quotes yang mengatakan “Praying is always my last resort.” adalah sesuatu yang salah, sebagai orang percaya doa harus menjadi hal yang pertama dan utama dalam kehidupan kita, karena kita membutuhkan spiritual atmosphere dalam semua hal di kehidupan kita.
 
2.PRAISE
"Praise is not a youth thing, is a God Thing." Kong Hee
Pada saat kita memuji Tuhan, kita sedang menyiapkan tahta di alam rohani kita, yang mengundang Roh Kudus untuk datang dan duduk di atasnya. Dengan memuji Tuhan kita sedang mengundang dan membangun spiritual atmosphere.   
 
Jika kita ingin Roh Kudus turun dalam kehidupan berkeluarga kita, bisnis, pekerjaan, dan pelayanan kita, bangunlah tahta dalam kehidupan rohani kita. Supaya Roh Kudus mau turun dalam area-area tersebut.
 
Jika di gereja kita dan di cell group kita ada atmosphere yang kuat, maka orang-orang akan tersedot oleh atmosphere kita. Dan kita akan mendatangkan perubahan bukan hanya dalam kehidupan kita, tetapi juga menularkannya pada kehidupan orang lain.
 
3.HUNGER FOR GOD’S WORDS (Lapar dan Haus akan Firman Tuhan)
"We don’t honor God more than we honor His word, We don’t love God more than we love His word."

Mungkin ada sebagian dari kita yang mengaku mencintai Tuhan, menyukai lagu-lagu rohani, tetapi selalu merasa bosan, ngantuk ketika sampai pada pembagian Firman Tuhan, statment di atas sangat keras menegur orang-orang yang demikian. Rasa cinta dan hormat kita akan Tuhan tercermin dari bagaimana kita menanggapi, mendalami dan mencari Firman Tuhan setiap hari dalam kehidupan.
 
2 Korintus 1 : 20
Sebab Kristus adalah “ya” bagi semua janji Allah. Itulah sebabnya oleh Dia kita mengatakan “Amin” untuk memuliakan Allah.

Hal lain yang menunjukan rasa hormat dan cinta kita dengan Firman Tuhan adalah ketika kita mengaminkan Firman Tuhan yang kita dengar atau yang sedang kita baca. Kebiasaan mengaminkan Firman Tuhan bukanlah hal yang baru atau sedang trend, karena Alkitab juga mengatakan hal yang sama, ayat di atas merupakan buktinya.
 
4. UNITY (Kesatuan dan kesepakatan)
“The place of agreement is the place of power, the place of dis-agreement is the place of powerlesness.”

Atmosfir tidak bisa dibangun hanya dengan usaha atau roh dalam diri satu orang saja, atmosphere yang kuat terbentuk jika orang-orang didalamnya sepaka t untuk membangun subuah atmosphere rohani, dan atmospher itu akan menyedot orang lain untuk ikut kedalamnya dan membangun atmosphere yang lebih kuat lagi. Unity build the atmosphere.
 
Kita harus bersepakat dan melakukan hal-hal yang sama dalam pelayanan dan gaya hidup yang sama dalam kahidupan rohani. Melalui kesepakatan terbangun sebuah kesatuan roh , karena ada kesepakatan dalam hati semua orang, kita akan menjadi kuat dan terlindungi oleh atmosphere yang terbentuk di sekitar kita. Ketika kita sendirian kita akan mudah lelah dan dijatuhkan, namun kita ketika kita bersepakat dan menyatukan roh kita, akan terbangun spiritual atmosphere yang begitu kuat yang melindungi kehidupan kita semua.
 
Spiritual Atmosphere adalah hak setiap orang percaya yang mau masuk dan hidup di dalamnya, hal tersebut akan melindungi dan memberikan kekuatan untuk kita dalam menjalani kehidupan kita, bukan hanya dalam kehidupan rohani, tetapi juga bisa membuat kita memiliki kehidupan yang efektif dalam kehidupan keluarga, pekerjaan, bisnis dan pelayanan kita.

No comments: