Friday, April 9, 2010

ECC Morning Service: Self Esteem

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ketika Yesus mati di kayu salib ada pemulihan, kita berubah dari nothing, menjadi something. Salah satu hal yang dipulihkan Yesus di kayu salib adalah self esteem, jika diterjemahkan adalah rasa berharga. KematianNya di kayu salib menunjukan bahwa hidup kita berharga, dan jika anda menganggap hidup kita berharga maka anda akan mempelakukan hidup dengan sebaik-baiknya. Kalau anda tahu bahwa tubuh anda berharga anda akan menjaga tubuh anda baik-baik. Jika rasa berharga tersebut telah dipulihkan dalam diri kita, maka kehidupan kita akan berubah.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pelayan Firman: Senior Pastor Nala Widya
SELF ESTEEM

HAKIM-HAKIM 6 : 12, 14-15
12 Malaikat TUHAN menampakkan diri kepadanya dan berfirman kepadanya, demikian: "TUHAN menyertai engkau, ya pahlawan yang gagah berani."
14 Lalu berpalinglah TUHAN kepadanya dan berfirman: "Pergilah dengan kekuatanmu ini dan selamatkanlah orang Israel dari cengkeraman orang Midian. Bukankah Aku mengutus engkau!"
15 Tetapi jawabnya kepada-Nya: "Ah Tuhanku, dengan apakah akan kuselamatkan orang Israel? Ketahuilah, kaumku adalah yang paling kecil di antara suku Manasye dan akupun seorang yang paling muda di antara kaum keluargaku."

Dalam ayat ini malaikat Tuhan memanggil Gideon sebagai “pahlawan yang gagah berani”, Tuhan juga berkata “Pergilah dengan kekuatanmu”, lalu Tuhan berkata “selamatkanlah orang Israel” dan yang terakhir “Aku mengutus engkau”.

Tuhan menyebut bahwa Gideon sebagai pahlawan yang gagah berani, bukan hanya itu Tuhan juga berkata bahwa Gideon memiliki kekuatan untuk menyelamatkan bangsa Israel dan dengan itu semua Allah mengutus Gideon. Hal tersebut merupakan pujian dan pengakuan yang luar biasa yang disampaikan Tuhan kepada Gideon, tetapi marilah kita melihat jawaban Gideon kepada Tuhan.

Pertama, "Ah Tuhanku, dengan apakah akan kuselamatkan orang Israel?” , yang kedua, “kaumku adalah yang paling kecil” , ketiga, “akupun seorang yang paling muda di antara kaum keluargaku” kita melihat bahkan Gideon memiliki masalah self esteem, Gideon yang disebut pahlawan yang gagah berani pun minder dihadapan Tuhan.

Akibat jika kita tidak merasa diri kita berharga sangatlah berbahaya, jika kita membaca di Kitab Matius,

MAT 22:37-39
37 Jawab Yesus kepadanya: "Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.
38 Itulah hukum yang terutama dan yang pertama.
39 Dan hukum yang kedua, yang sama dengan itu, ialah: Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.

Salah satu perintah Tuhan di atas adalah “Kasihilah sesamamu manusia seperti dirimu sendiri.”, itu artinya jika anda tidak mengasihi diri anda sendiri, anda juga tidak bisa mengasihi Tuhan dan juga orang lain.

Jika kita tidak bisa menerima diri sendiri, bagaimana kita bisa mengasihi orang lain, dan tidak mengasihi diri sendiri adalah bukti bahwa di tidak mengasihi Tuhan pencipta kita. Orang yang tidak mengasihi diri sendiri akan sering menyalahkan Tuhan atas keberadaannya. Hubungannya dengan Tuhan akan penuh dengan keluhan-keluhan. Kita semua harus mengasihi diri sendiri, kita semua harus memiliki self love.

Self love tidak sama dengan selfishness. Selfishness adalah keegoisan, yang merasa bahwa perhatian semua orang harus tertuju kepada kita, dan tidak mengharagai orang lain, hal tersebut jelas berbeda dengan self love, self love merupakan bentuk dari bagaimana kita menghargai Tuhan pencipta kita dengan menjaga dan menghargai diri dan hidup kita dan tanpa self love kita tidak bisa mengasihi orang lain.

1 Kor 15 9-10
9 Karena aku adalah yang paling hina dari semua rasul, sebab aku telah menganiaya Jemaat Allah.
10 Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang, dan kasih karunia yang dianugerahkan-Nya kepadaku tidak sia-sia. Sebaliknya, aku telah bekerja lebih keras dari pada mereka semua; tetapi bukannya aku, melainkan kasih karunia Allah yang menyertai aku.

Paulus bukanlah orang yang sempurna, dia memiliki latar belakang sebagai penganiaya jemaat Allah, dia pernah membunuh banyak hamba Tuhan oleh karena itu Paulus menyebut dirinya paling hina diantara semua rasul besar,

Secara fisik Paulus juga tidak sempurna, badannya tidak terlalu tinggi, matanya besar sebelah karena dia terkena katarak, bicaranya gagap, selain itu dia juga pernah memohon kepada Tuhan untuk diberikan kesembuhan dari penyakit ayan yang terus dideritanya.

Sebetulnya dia bukanlah orang yang sempurna dan percaya diri, tetapi dia berkata, “Tetapi karena kasih karunia Allah aku adalah sebagaimana aku ada sekarang” dalam terjemahan bahasa Inggris dia berkata, “ By the grace of God, I am who I am.”

Paulus memiliki kasih yang luar biasa karena dia bisa menerima masa lalu dan keadaan dirinya dirinya sendiri yang tidak sempurna.

Tiga hal yang dipulihkan Tuhan dengan kematianNya di kayu salib, adalah:

RASA BERHARGA
LUK 15:4
"Siapakah di antara kamu yang mempunyai seratus ekor domba, dan jikalau ia kehilangan seekor di antaranya, tidak meninggalkan yang sembilan puluh sembilan ekor di padang gurun dan pergi mencari yang sesat itu sampai ia menemukannya?

Tuhan memulihkan rasa adalah berharga dalam diri kita, mengapa satu domba yang hilang dicari, karena dia berharga, kita semua berharga dimata Yesus. Jika anda mengetahui diri anda berharga, anda akan menggunakan hidup anda secara maksimal.

Tuhan selalu memperlakukan kita sebagai pribadi yang berharga, jika selama ini dunia ini tidak menghargai anda, ketahuilah bahwa Yesus menganggap anda sangat berharga. Kematian Yesus di kayu salib memulihkan rasa berharga.

POTENSI
LUK 15:8
"Atau perempuan manakah yang mempunyai sepuluh dirham, dan jika ia kehilangan satu di antaranya, tidak menyalakan pelita dan menyapu rumah serta mencarinya dengan cermat sampai ia menemukannya?"

Jika anda sedang menabung uang di bank sebesar 1 Milyar rupiah, tetapi setelah dihitung oleh kasir ternyata masih kurang 100 rupiah, maka dalam buku tabungan kita tidak akan ditulis 1 Milyar, tetapi akan ditulis Rp 999.999.900, itu artinya uang seratus tersebut memiliki daya guna. Begitu juga dengan kita, kita semua memiliki daya guna dan potensi.

Itu sebabnya ministry di ECC terus bertambah, karena gereja menginginkan supaya semua potensi yang dimiliki jemaat bisa tertampung dalam pelayanan gereja, karena gereja harus menanampkan rasa berguna bagi setiap jemaatnya, setiap jemaat harus menemukan potensinya, karena Tuhan pasti menanamkan potensi dalam setiap jemaat.

Mungkin saat ini anda sudah mencoba banyak hal tetapi belum menemukan potensi anda, tetapi percayalah setelah anda bertemu Yesus, Dia akan menunjukan potensi anda, Dia akan menunjukan bahwa anda adalah orang yang luar biasa. Temukan potensi anda dalam Yesus.

PENERIMAAN TANPA SYARAT
LUK 15:20
Maka bangkitlah ia dan pergi kepada bapanya. Ketika ia masih jauh, ayahnya telah melihatnya, lalu tergeraklah hatinya oleh belas kasihan. Ayahnya itu berlari mendapatkan dia lalu merangkul dan mencium dia.

Cerita mengenai anak yang hilang yang kembali kepada bapanya adalah, tanda dari penerimaan tanpa syarat, Bapa kita di surga selalu menerima kita tanpa syarat, bagaimana pun keadaan kita dan buruknya hiduo kita, dia selalu menerima kita apa adanya, asalkan kita mau kembali kepadaNya. Bapa menerima semua orang tanpa syarat.

Kematian Yesus menunjukan bahwa kita berharga, kita memiliki potensi dan kita diterima tanpa syarat. Darah yang sama telah menebus kita semua, kita ditebus dengan darah yang saham dengan Paulus atau Rick Warren

8 SIKAP YANG DIMILIKI ORANG YANG RENDAH DIRI
Guilty 
Orang yang rendah diri selalu merasa dirinya buruk, dia selalu berkata I’m bad, I’m evil. Dia selalu dihantui rasa bersalah dan tidak berani berhubungan dengan Tuhan, karena dia selalu dihantui rasa bersalah.

Over Sensitive 
Orang yang rendah diri pada umumnya terlalu sensitive, orang yang sangat mudah tersinggung, semua hal yang tidak sesuai dengan yang dia harapkan membuatnya tersinggung. Dia sering merasa dilukai oleh hal-hal yang sepele.

Hyper Critical 
Orang yang tidak suka melihat orang lain sukses, maju dan naik, dia selalu mengritik orang, selalu mencari sisi negatif dari sesuatu, hal itu dikarenakan orang tersebut tidak bisa melihat orang lain lebih baik dari dia. Dia tidak mengakui kehebatan orang lain, dengan terus mencari kelemahan orang tersebut.

Shyness 
Orang pemalu adalah orang yang insecure, dia tidak percaya akan kapasitasnya sendiri, sehingga dia memilih menyembunyikan dirinya dari orang lain karena dia takut ditolak. Dia tidak melakukan apa-apa, karena selalu takut ditolak.

Clowning 
Orang yang rela mempermalukan diri, membuat dirinya seperti badut supaya orang lain menyukai dirinya, dengan maksud menyembunyikan kenyataan akan dirinya sendiri. Orang yang memakai topeng untuk bisa diterima orang lain.

Feel better than others 
Ada perbedaan yang besar antara orang yang mengakui kelebihan dengan orang yang sombong. Orang yang mengakui kelebihan jika dia ditanya. “ Anda bisa nyanyi ?” akan menjawab “ Bisa.” , orang sombong menjawab, “ Belum tau yaa ? I’m the greatest “

Blaming others 
Dia selalu menyalahkan orang lain akan kegagalannya, dia menyalahkan orang tua, nasib, lingkungan dan lain-lain. Orang seperti ini selalu menyalahkan orang lain terhadap apa yang menimpa dirinya sendiri, hal tersebut membuatnya tidak memperbaiki diri sendiri. Dia tidak pernah gagal, orang lainlah yang menyebabkan kegagalannya.

Insincere 
Orang yang selalu menunjukan kesuksesan dirinya, jika dia share dia hanya membagikan kesuksesan dirinya, hidupnya dipenuhi dengan kepalsuan, hubungannya palsu, senyumnya palsu, bahkan pelayanannya dipenuhi kepalsuan.

Mungkin kita masih memiliki salah satu atau beberapa kelemahan di atas, tetapi kita tahu bahwa Tuhan mati di kayu salib untuk kita, itu menunjukan bahwa kita adalah umat yang berharga, oleh karena itu milikilah self esteem, janganlah merendahkan diri anda, karena Tuhan telah menunjukan bahwa kita berhaga, anda adalah orang yang berharga di mata Tuhan.

Walaupun latar belakang anda buruk, atau mungkin kehidupan anda saat ini tidak baik, tapi ketahuilah bahwa anda berharga, anda memiliki potensi dan anda diterima Kristus tanpa syarat. Jika anda masih memiliki kelemahan dari salah satu kelemahan di atas, mintalah Tuhan untuk memperbaiki hati anda.

No comments: