Friday, May 25, 2012

10 REASON WHY GOD WANTS YOU TO BE RICH

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kita menyembah Allah yang menyebut diriNya El Shaddai, Tuhan yang berkelimpahan, jadi sudah sewajarnya kita memiliki kehidupan yang mencerminkan karakter Tuhan yang kita sembah, namun supaya hal tersebut bisa terjadi banyak mindset kita yang harus dirubah. Hal pertama yang harus kita mengerti adalah alasan mengapa Tuhan ingin kita menjadi kaya dan hidup berkelimpahan.

Dengan mengerti hal tersebut kita tidak akan kehilangan arah ketika kekayaan itu diberikan kepada kita, dan Tuhan akan semakin yakin untuk memberkati kita lebih lagi, karena tujuanNya dalam memberikan kita kekayaan terlaksana dalam kehidupan kita. Hamba Tuhan yang akan mengajarkan kita adalah Bapak Wahyu Hanafi, seorang millioner yang memulai dari nol, dan mengalami sendiri bagaimana Tuhan mendatangkan muzizat demi muzizat yang membuatnya menjadi orang yang begitu kaya seperti sekarang.
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
 

Pelayan Firman: Wahyu Hanafi
10 REASON WHY GOD WANTS YOU TO BE RICH

LANGKAH-LANGKAH UNTUK MENJADI MAKMUR MENURUT ALKITAB
Yoshua 1:8
Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.
 
Dalam terjemahan bahasa Inggris, kata “perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung “ diterjemahkan sebagai “prosperous and good success”.
 
Dalam ayat ini jelas dikatakan bahwa sebenarnya untuk orang percaya menjadi prosper (hidup berkelimpahan) sebenarnya tidaklah sulit. Hal pertama yang harus kita lakukan adalah merenungkan Firman Tuhan siang dan malam, supaya kita bisa bertindak benar dalam setiap hal yang kita lakukan. Jika kita melakukan hal tersebut Alkitab menjamin bahwa kita akan beruntung dan berhasil dalam segala hal yang kita lakukan.
 
3 Yoh 1: 2
Saudaraku yang kekasih, aku berdoa, semoga engkau baik-baik dan sehat-sehat saja dalam segala sesuatu, sama seperti jiwamu baik-baik saja.
 
Terjemahan Bahasa Inggis: Beloved, I pray that you may prosper in all things and be in health, just as your soul prospers.
 
Hal kedua yang Alkitab ajarkan untuk memiliki hidup berkelimpahan adalah kita harus memiliki prosperous soul (pikiran dan jiwa yang kaya)
 
Jauh sebelum kita menjadi kaya secara materi, kita harus terlebih dahulu memiliki jiwa dan pikiran yang kaya. Jika kita selalu memikirkan segala kekurangan, kelemahan dan ketidak-beruntungan kita, maka kita akan selalu hidup miskin. Kita harus memiliki mindset yang kaya terlebih dahulu. Pola pikir miskin akan membuat hidup kita akan terus miskin.
 
Beberapa tahun terakhir, pola pikir seperti ini sering diajarkan oleh para motivator-motivator atau pembicara ternama di dunia, namum sebenarnya ajaran ini bukan ajaran yang baru melainkan sudah ditulis di Alkitab ribuan tahun yang lalu. Kita hanya bisa hidup berkelimpahan, jika kita memiliki mental dan pikiran yang kaya terlebih dahulu. Sebelum menjadi kaya, pikiran dan jiwa kita harus menjadi kaya terlebih dahulu.
 
Efesus 3:20
Bagi Dialah, yang dapat melakukan jauh lebih banyak dari pada yang kita doakan atau pikirkan, seperti yang ternyata dari kuasa yang bekerja di dalam kita,


Terjemahan Bahasa Inggris: Now to him who is able to do immeasurably more than all we ask or imagine, according to his power that is at work within us,
 
Tuhan mengatakan, jika kita bisa berpikir, jika kita bisa membayangkan, dan jika kita berani meminta, semuanya bisa diberikan Tuhan kepada kita.

Hal ketiga yang harus kita lakukan, adalah memikirkannya terlebih dahulu, membuat rencana kedepan. Tuhan ingin kita mengimajinasikannya terlebih dahulu.
 
Namun untuk bisa mulai memikirkan sesuatu yang besar dan baik di masa yang akan datang, kita perlu merenungkan Firman Tuhan, dan juga harus memiliki jiwa yang kaya terlebih dahulu, sehingga kita tidak hanya terfokus pada kesusahan kita, tetapi pada kelebihan kita.
 
Untuk segala hal besar yang akan terjadi di masa yang akan datang kita harus bisa terlebih dahulu memikirkannya. Mulailah berpikir, akan hal-hal besar yang akan terjadi dalam kehidupan dan keluarga kita.
 
City Harvest dimulai dari sekumpulan pelajar, yang tidak punya uang, namun mereka memulai segalanya dengan memikirkan bahwa suatu saat nanti mereka akan memiliki gedung yang megah, dan besar dan hal tersebut terlaksana saat ini.

“You just have to have the right thinking.”

Jika kita memiliki pemikiran yang benar, maka Tuhan akan membukakan kesempatan, karena yang Tuhan cari adalah orang yang memiliki pikiran dan hati yang benar. Tuhan bisa memberikan kepada kita lebih besar dari yang kita bayangkan, namun kita harus memulai dengan membayangkannya terlebih dahulu.
 

PROSPEROUS AND GOOD SUCCESS 
Prosperous memiliki definisi kelimpahan materi dan keuangan, sementara Good Success memiliki definisi kekayaan, kehormatan dan pengaruh.
 
Orang Kristen seharusnya menjadi orang yang kaya, namun bukan orang kaya yang memperoleh kekayaannya dengan cara kotor(filthy rich), orang Kristen yang kaya harus menjadi Righteously Rich, orang yang menggunakan cara-cara yang benar dan sesuai dengan ajaran Firman Tuhan.
 
Orang kaya yang benar adalah orang yang memperoleh kekayaannya dengan cara yang bersih dan menggunakan kekayaannya dengan benar, orang yang seperti itu akan dihormati dan memiliki pengaruh di masyarakat.
 
Orang kaya yang membayar pajak dengan seharusnya, yang memiliki pembukuan yang bersih, dan yang menjual product yang baik dan berkualitas, bukan produk kualitas rendah dijual dengan berbagai trick untuk menipu pembeli.
Jiki kita berdagang, milikilah mindset:


“Produk yang kita jual harus bisa memberikan keuntungan bagi setiap orang yang membelinya.”

Jika kita tidak fokus memikirkan keuntungan konsumen kita dahulu, selanjutnya keuntungan pasti akan datang kepada kita.

“The biggest enemy is ourself, our mindset need to be change first.”

Ulangan 8:18
Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.
 
“haruslah engkau ingat kepada TUHAN” dalam ayat ini kembali dikatakan, bahwa ketika kita bekerja / berbisnis, haruslah kita mengingat dan melibatkan Tuhan.

“When we do business don’t be independent from God”

Dalam ayat ini juga dikatakan bahwa “Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan”, artinya kekayaan bukan diberikan kepada kita melalui “hujan berkat”, dan kita hanya tinggal menunggu hujan tersebut turun, tetapi Tuhan memberikannya dengan memberikan kita kekuatan untuk memperoleh kekayaan.
 
Tuhan memberikan kita kekuatan untuk memperoleh kekayaan, kekuatan disediakan supaya kita bisa bekerja keras, dan lebih dari orang lain. Jika kita malas, kita akan selalu miskin.
Kebiasaan bekerja keras harus kita pupuk sejak dini, kita tidak bisa berubah menjadi pekerja keras hanya dalam 1 malam, kita harus terus membiasakan diri kita untuk bangun pagi, dan terus bekerja keras setiap hari.
 
Salah satu kunci sukses Pak Wahyu Hanafi adalah dia selalu membiasakan dirinya untuk bangun pagi. Karena kreativitas biasanya datang di pagi hari, ketika pikiran kita masih dalam kondisi fresh. Salah satu moto bisnisnya adalah:


“We always try to do business as much as we can, and the earlier as we can.”

10 ALASAN MENGAPA TUHAN INGIN KITA MAKMUR
1. KARENA ITU ADALAH SIFATNYA
El Shaddai berarti Tuhan yang lebih dari cukup/berkelimpahan
Allah yang berkelimpahan adalah identitas dan sifat dari Tuhan yang kita sembah, memang uang bukan segalanya, tetapi kebenaranya adalah kita tidak melayani Tuhan yang miskin dan kikir. Kekayaan dan kelimpahan adalah sifat dan identitas Tuhan. Dia tidak pernah berubah, Dia adalah Allah yang kaya dulu, sekarang dan sampai selamanya.
Janganlah berpikir semakin miskin kita semakin suci, jika kita melayani Tuhan yang El Shaddai berarti kita seharusnya hidup dalam kelimpahan. Sama seperti orang yang melayani seorang Presiden akan mengikuti gaya dan cara hidup Presiden, apalagi kita yang melayani Allah El Shaddai.
 
2. SUPAYA DIA BISA MENEGUHKAN PERJANJIANNYA DI BUMI
Ulangan 8:18
Tetapi haruslah engkau ingat kepada TUHAN, Allahmu, sebab Dialah yang memberikan kepadamu kekuatan untuk memperoleh kekayaan, dengan maksud meneguhkan perjanjian yang diikrarkan-Nya dengan sumpah kepada nenek moyangmu, seperti sekarang ini.

Kita diberikan tugas untuk memberitakan kabar keselamatan ke seluruh dunia, dan untuk mewujudkan hal tersebut kita membutuhkan biaya yang sangat besar. Salah satu alasan Tuhan ingin kita kaya adalah supaya kita bisa membiayai pengabaran injil di seluruh dunia, dan meneguhkan perjanjianNya di dunia.
 

3. BISA MEMBIAYAI GEREJA 
Maleakhi 3:10
Bawalah seluruh persembahan persepuluhan itu ke dalam rumah perbendaharaan, supaya ada persediaan makanan di rumah-Ku dan ujilah Aku, firman TUHAN semesta alam, apakah Aku tidak membukakan bagimu tingkap-tingkap langit dan mencurahkan berkat kepadamu sampai berkelimpahan.
 
Setiap orang Kristen harus tertanam di sebuah gereja, untuk menjadi sukses kita butuh influence dari gereja, kita membutuhkan orang untuk mendorong dan mengkoreksi jika kita salah. Kita tidak bisa hanya menyendiri, berdoa dan membaca Firman Tuhan, kita membutuhkan gereja untuk bertumbuh.
 
Gereja adalah agen Tuhan untuk mempengaruhi dunia ini, tempat dimana kita mempersiapkan dan memperlengkapi diri kita untuk menjadi garam dan terang di dunia.
 
Setiap project atau misi yang direncanakan oleh gereja kita, seharusnya menjadi rencana pribadi kita sebagai jemaat. Jika gereja kita memiliki suatu misi, maka biaya dari misi itu adalah tanggung jawab kita sebagai jemaat. Kita seharusnya bekerja lebih keras lagi karena Tuhan bisa mengeluarkan uang untuk pembiayaan misiNya tersebut melalui pekerjaan dan bisnis kita, jika kita memiliki hati untuk menjalankan misi tersebut.
 
4. MENCEGAH SETAN MENGENDALIKAN UANG
Setiap rupiah yang dimiliki setan akan digunakan setan untuk mengikat orang pada uang tersebut, setan selalu mencoba membuat kita menjadi hamba uang dan menghancurkan kehidupan kita dengan uang tersebut.
 
Pak Wahyu Hanafi dulu merupakan “orang kaya yang kotor”, dia memiliki 2 pembukuan. Pembukuan untuk petugas pajak dan untuk dia sendiri, dia selalu berusaha untuk menghindar dan membohongi petugas pajak.
 
Di masa dia selalu menggelapkan pajak, pekerjaannya sangat mengikatnya, dia terus bekerja keras siang dan malam untuk membangun bisnisnya. Setiap hari dia lalui dengan penuh dengan ketakutan dan kekhawatiran. Pekerjaannya membebani dan menyiksanya dari hari ke hari.
 
Dia terus diikat oleh pekerjaannya karena pada saat itu iblislah yang menguasai uangnya, dan iblis selalu menggunakan uang itu untuk mengikat kehidupannya.
Namun ketika beliau memutuskan untuk melunasi hutang pajaknya, dia membayar pajak sebesar 1.5 juta dollar, dengan seketika hidupnya menjadi lebih tenang dan penuh sukacita, bukan hanya itu Tuhan juga memberkatinya secara berkelimpahan, dalam tahun itu keuntungan perusahaannya mencapai record tertingg dan mencampai 10 juta dollar.
 
Pengalaman itu merubah kehidupan dan bisnisnya, Pak Wahyu mengalami sendiri muzizat, karena dia menjalankan bisnisnya sesuai dengan kebenaran Firman Tuhan.
Ketika dia melepaskan diri dari ikatan setan, dan merasakan kehidupan yang bebas, dan merdeka dari segala ketakuan dan kekhawatiran. Bukan hanya itu bisnisnya juga menjadi diberkati secara berlipat ganda.
 
5. SUPAYA KITA MENOLONG ORANG MISKIN
Amsal 19:17Siapa menaruh belas kasihan kepada orang yang lemah, memiutangi TUHAN, yang akan membalas perbuatannya itu.
 
Ketika kita memberkati orang miskin, kita sedang meminjamkannya kepada Tuhan. Dan ketika kita meminjamkan sesuatu kepada Tuhan, Dia tentu akan mengembalikannya kepada kita. Sebagai orang Kristen kita seharunya menjadi orang yang terlatih dalam memberi. Ketika kita melihat orang miskin, kita seharusnya memiliki kebiasaan untuk membantu mereka, kita harus terbiasa untuk memberi dan bukan menghakimi orang miskin.
 
Memberi adalah kebiasaan yang harus dilatih, dan kita dapat melatih kebiasaan memberi kita dengan memberi orang-orang miskin yang hidup di jalanan. Biasakan memberi kepada mereka, siapkan uang untuk diberikan, karena Tuhan ingin kita memberkati orang-orang miskin.
 
Orang buta tidak bisa menolong orang buta, orang miskin tidak bisa menolong orang miskin. Kita hanya bisa menjadi berkat jika kita sudah merasakan berkat Tuhan dalam kehidupan kita.
 
6. MENGHORMATI DAN MEMULIAKAN DIA
Amsal 3:9-10
Muliakanlah TUHAN dengan hartamu dan dengan hasil pertama dari segala penghasilanmu, maka lumbung-lumbungmu akan diisi penuh sampai melimpah-limpah, dan bejana pemerahanmu akan meluap dengan air buah anggurnya.

Tuhan ingin kita memuliakanNya dengan harta kita, itu artinya Dia ingin kita memiliki harga dan memuliakan Tuhan dengan harta yang kita miliki.

7. MENINGGALKAN HARTA WARISAN UNTUK ANAK CUCU
Amsal 13:22
Orang baik meninggalkan warisan bagi anak cucunya, tetapi kekayaan orang berdosa disimpan bagi orang benar.
 
Orang baik meninggalkan harta warisan untuk anak cucunya. Saat ini negara-negara Eropa dan Amerika mengalami krisis karena mereka semua individualist, mereka tidak berpikir lagi untuk meninggalkan harta warisan untuk anak cucunya. Mereka menghabiskan semuanya untuk dirinya sendiri. Memberikan harta warisan kepada anak dan cucu adalah sesuatu yang tertulis di Alkitab.

8. MEMBUKTIKAN KETULUSAN KASIH KITA
2 Kor 8:8 

Aku mengatakan hal itu bukan sebagai perintah, melainkan, dengan menunjukkan usaha orang-orang lain untuk membantu, aku mau menguji keikhlasan kasih kamu.
 
Kita bisa memberi tanpa mengasihi, tetapi kita tidak bisa mengasihi tanpa memberi. Setiap kali kita memberi, kita akan mendapat berkat. Dengan memberikan harta kita, kita menunjukan seberapa, tulus dan seberapa besar kasih kita kepada Tuhan dan kepada sesama.

“Giving is good, as you give you will receive.“

9. MEMIMPIN DAN MEMPENGARUHI MASYARAKAT
Bill Gates adalah salah satu orang terkaya di dunia, dan dia menyumbangkan ratusan juta dollar dari hartanya, untuk memperbaiki berbagai hal dunia ini. Sampai saat ini tidak ada seorangpun pengkhotbah yang bisa berkhotbah di China, namun ketika Bill Gates datang ke China, Presiden China menyambut dia dan mendengarkan apa yang dia katakan. Kesuksesan kita bisa membuat kita didengarkan orang. Kita makmur kita bisa memimpin dan mempengaruhi masyarakat.

10. KARENA TUHAN INGIN MEMBERKATI KITA
Tuhan ingin kita makmur karena dia adalah Bapa yang baik dan ingin memberkati anak-anaknya. Dia ingin memberikan kita berkat, namun kita harus memiliki mindset yang benar dan hati yang benar terlebih dahulu. Dia adalah Bapa yang baik dan mengasihi anak-anakNya.
 
Sepuluh hal di atas sangat penting untuk kita ingat dan mengerti, karena ketika kita sukses nanti 10 hal tersebutlah yang pertama harus kita lakukan.
 
Banyak orang yang awalnya miskin lalu mereka berusaha melakukan perintah-perintah Tuhan untuk mendapatkan kemajuan dalam keuangannya,namun ketika kemajuan tersebut terjadi, orang langsung melupakan ke 10 hal tersebut.
 
Orang itu langsung sibuk mementingkan dirinya sendiri. Sibuk membeli barang-barang yang mereka inginkan dan melipat gandakan asset mereka. Dan melupakan 10 alasan mengapa Tuhan memberikan kita segala kekayaan tersebut.
 
Hal itulah yang membuat Tuhan tidak bisa memberi mereka berkat yang lebih besar kepadakita. Karena tujuan Tuhan untuk membuat orang tersebut makmur tidak terlaksana dalam kehidupan kita.
 
Dalam pengajaran-pengajaran selanjutanya dari Pak Wahyu Hanafi, kita akan belanjar kunci-kunci sukses dan pengalaman beliau dalam mengumpulkan kekayaan yang begitu besar, dan bukan hanya itu bagaimana menjadi penyalur berkat yang begitu besar untuk perluasan kerajaan Allah.

No comments: