Monday, May 28, 2012

ECC THE BRIDGE: EXCELLENT SPIRIT


ECC THE BRIDGE: EXCELLENT SPIRIT
PELAYAN FIRMAN: PS. TAN KIM HOCK (CITY HARVEST CHURCH)
27 MEI 2012

Wow wow wow!! Minggu ini Ps. Tan Kim Hock dari City Harvest Church datang buat memberikan kita khotbah yang luar biasa. Mungkin beberapa belum tahu ataupun kenal siapa dia. Tapi pasti banyak yang udah ikuta Bible School bulan lalu yang udah tahu siapa itu Pastor yang satu ini. Gak pakai lama-lama, langsung aja ya dibaca ringkasan khotbahnya. J

Banyak manusia bingung memilih antara dunia dengan Tuhan. Namun kebenarannya bahwa manusia sebenarnya bisa dan diciptakan Tuhan bukan untuk terpisah dengan dunia, namun terlibat di dalamnya. Permasalahan yang muncul adalah ketika seseorang terlibat ke dalam dunia, seringkali ia ikut terbawa arus dunia dan mulai menjauhi Tuhan.

Ps. Tan Kim Hock berkata bahwa terdapat tokoh Alkitab yang bisa dijadikan contoh atau panutan utama mengenai ‘how to keep pure while engaging tthe world’, yaitu Daniel.

Daniel 6 : 4
Maka Daniel ini melebihi para pejabat tinggi dan para wakil raja itu, karena ia mempunyai roh yang luar biasa; dan raja bermaksud untuk menempatkannya atas seluruh kerajaannya.

Pada masa ditulisnya ayat tersebut merupakan masa pergantian kerajaan yaitu dari Babilon (old kingdom) menjadi Persia (new kingdom). Lazimnya, jika terjadi perubahan rezim, pejabat-pejabat dari rezim lama pasti akan digantikan semua dengan yang baru. Namun berbeda dengan Daniel. Raja justru mempekerjakan Daniel kembali ketika Babilon berubah menjadi Persia karena Daniel, seperti disebutkan dalam ayat, memiliki KARAKTER dan SPIRIT yang EXCELLENT.


Ps. Tan Kim Hock lalu memberikan pada kita kunci bagaimana agar kita dapat seperti Daniel yang memiliki excellent spirit:

Daniel 1 : 3 – 5
Lalu raja bertitah kepada Aspenas, kepala istananya, untuk membawa beberapa orang Israel, yang berasal dari keturunan raja dan dari kaum bangsawan, yakni orang-orang muda yang tidak ada sesuatu cela, yang berperawakan baik, yang memahami berbagai-bagai hikmat, berpengetahuan banyak dan yang mempunyai pengertian tentang ilmu, yakni orang-orang yang cakap untuk bekerja dalam istana raja, supaya mereka diajarkan tulisan dan bahasa orang Kasdim. Dan raja menetapkan bagi mereka pelabur setiap hari dari santapan raja dan dari anggur yang biasa diminumnya. Mereka harus dididik selama tiga tahun, dan sesudah itu mereka harus bekerja pada raja.

1.            PHYSICALLY HEALTHY (TIDAK BERCELA)
Untuk dapat menjadi excellent, kita harus SEHAT. Fisik yang tidak sehat menandakan don’t have strength to do well. Kalau ada beberapa orang yang memang dari sejak lahir memiliki fisik yang lemah, hal tersebut seharusnya tidak menjadi halangan maupun alasan. Karena kita memiliki Yesus yang sudah mati di kayu salib untuk menebus segala dosa dan sakit penyakit dari diri kita.

GOD’S GRACE IS MORE THAN ENOUGH!

Namun di samping mengandalkan iman, kita juga harus tetap melakukan bagian kita. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan melaksanakan healthy lifestyle. Jadi berdoalah dan lakukan bagian kita.

2.            GOOD LOOKING
Pepatah Cina mengatakan, “There are no ugly people, only lazy people.” Pepatah tersebut benar adanya. Tidak ada manusia yang diciptakan tidak menarik, yang ada hanyalah orang yang malas untuk mengurus dan menata diri.
Tatalah penampilan kalian dan berikan penampilan terbaik. Tuhan memang melihat hati tetapi manusia melihat apa yang di luar terlebih dahulu dan langsung menilainya. Untuk diterima oleh orang lain, kita harus membawa diri melalui penampilan dengan baik juga. Manusia menerima kita dari penampilan dahulu. Pada poin ini, excellent berbicara juga mengenai penampilan.

3.            WISDOM (BERHIKMAT)
Apa itu hikmat? Hikmat adalah doing the  right thing at the right time. Dalam kitab Yakobus pasal 1 dikatakan bahwa bagi mereka yang kekurangan hikmat adalah baik jika mereka memintanya pada Tuhan, maka Ia akan memberikannya dengan cuma-cuma.

TRUE WISDOM COME FROM GOD

Terdapat dua tipe manusia di dunia ini: problem solver and problem creator. Pentingnya hikmat dalam menjadi excellent adalah bahwa orang berhikmat pasti menjadi problem solver.

4.            POSSESSED KNOWLEDGE (BERPENGETAHUAN LUAS)
Berpengetahuan luas didapat dari banyak membaca, mencari tahu tentang banyak hal, dan hunger to knowledge.

EDUCATION IS IMPORTANT!!!

Sekolah dijalani oleh kita bukan untuk sekedar gelar maupun ijazah, tapi sekolah berguna untuk melatih otak kita. Pengetahuan (knowledge) akan membawa kita menjadi kuat dan kekuatan tersebut akan membawa kita pada kekuasaan.
KNOWLEDGE à STRENGTH à POWER

5.            QUICK TO UNDERSTAND
Poin ini mendorong kita untuk tidak menjadi orang yang pasif, yaitu orang yang hanya duduk menunggu sampai sesuatu terjadi. Daniel merupakan pribadi yang penuh akan inisiatif, energi, serta semangat.
JANGAN MENUNGGU ORANG LAIN, TAPI JADILAH ANTUSIAS!

6.            HAVE ABILITY TO SERVE
Poin ini berbicara mengenai MEMPUNYAI SIKAP YANG BENAR DALAM MELAYANI. Sama seperti Tuhan datang bukan untuk dilayani melainkan melayani, seperti itulah seharusnya kita. Yesus berkata agar kita menjadi pelayan terlebih dahulu untuk dapat menjadi seorang yang besar.
Apa itu kunci kesuksesan? Kunci kesuksesan adalah EXCEED EXPECTATION atau dalam kata lain melakukan lebih dari yang diminta.

7.            LEARN ‘THEIR’ LANGUAGE (GOOD COMMUNICATION SKILL)
Excellent berarti mempu berkomunikasi dan terhubung dengan orang lain. Komunikasi di sini bukan hanya berbicara mengenai perkataan, namun tentang memiliki koneksi dengan hati maupun perasaan dari orang yang diajak berkomunikasi.
LEARN HOW TO COMMUNICATE AND CONNECT TO PEOPLE

Dengan mengerjakan ketujuh hal tersebut akan membuat di mana pun kita ditempatkan, kita pasti menjadi otoritas. Karena itulah mengapa orang-orang percaya harus menjadi excellent karena Tuhan kita adalah Tuhan yang juga excellent.

Setelah mengetahu bagaimana caranya menjadi excellent, pertanyaan baru yang muncul adalah: how to keep pure? The more money, the more temptation people have.

Daniel 1 : 8 – 9
Daniel berketetapan untuk tidak menajiskan dirinya dengan santapan raja dan dengan anggur yang biasa diminum raja; dimintanyalah kepada pemimpin pegawai istana itu, supaya ia tak usah menajiskan dirinya.

Ayat tersebut memberitahu kita bahwa Daniel mengambil komitmen bahwa ia tidak akan dipengaruhi oleh sistem dunia. Untuk hal-hal yag sifatnya eksternal, Daniel mengijinkan untuk dipengaruhi dunia. Dan Tuhan tidak mempermasalahkan hal tersebut. Seperti mengubah namanya, pekerjaannya, gaya berpakaiannya, dll.
Namun Daniel menolak makanan Babilon. Makanan Babilon melambangkan sistem duniawi, bukan makanan fisik biasa. Sama seperti santapan yang saat ini dunia tawarkan seperti ego, kecemburuan, iri hati, dengki, amarah, kebohongan, dsb.
Mamon dalam Alkitab tidak hanya berbicara mengenai uang, tapi secara luas berarti sistem atau nilai-nilai dari dunia. Daniel memilih untuk hanya memakan santapan yang berasal dari Tuhan saja.

Kita bisa mencapai kesuksesan dengan caranya Tuhan! Tapi proses yang harus dilalui tidaklah mudah. It takes spiritual discipline.

1 Korintus 9 : 27
Tetapi aku melatih tubuhku dan menguasainya seluruhnya, supaya sesudah memberitakan Injil kepada orang lain, jangan aku sendiri ditolak.

“HE WHO LIVES WITHOUT DISCIPLINE WILL DIE WITHOUT HONOR.”

We need discipline to be succesful. Istilah “sangkal diri” dan “pikul salib” yang sangat familiar bagi kita pun pada dasarnya merupakan gaya hidup dari disiplin diri. “Disciple” atau murid sendiri berasal dari kata discipline (disiplin). Disiplin itu tidaklah mudah, malah terkadang susah. Sometimes it means to do what you don’t want to do or to not doing what you want to do or to do the right thing consistantly.
Itu sebabnya DISIPLIN SANGAT BERGUNA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER. Orang yang tidak memiliki kedisiplinan akan menjadi hamba bagi orang yang disiplin. Orang yang gagal biasanya bukan disebabkan karena kekurangan talenta, tapi karena ia tidak disiplin.

Karena itu Ps. Tan Kim Hock memberitahu kita tujuh hal dasar yang harus didisiplinkan oleh kita yang disingkat menjadi H-A-R-V-E-S-T lifestyle.
1.              Home cell-group
Each member must belong to a cell-group. Seperti dikatakan dalam Ibrani 10 tentang jangan menghindari berbagai pertemuan-pertemuan, hal itu berlaku juga dengan komunitas sel. Cell-group is important! Join cell-group regularly!
2.              Authority of the Bible
Taatilah prinsip-prinsip yang ada dalam firman Tuhan! Menghidupi firman Tuhan membuat kuasa yang ada dalam firman tersebut keluar.
3.              Relationship
Bangunlah terus hubungan dengan Tuhan dan sesama manusia lainnya! Karena serigala (iblis) akan menyerang domba (manusia) yang sedang sendirian.
4.              Vibrant praise and worship (pujian dan penyembahan yang bersemangat)
Give your best everytime you’re doing praise and worship to Him.
5.              Evangelism
Memberitakan Injil seharusnya sudah menjadi gaya hidup sehari-hari bagi orang-orang Kristen. Inti dari keselamatan yang diberikan Tuhan bagi kita bukanlah agar kita segera mati sesudahnya untuk bertemu Bapa di Surga, namun kita tetap hidup di bumi untuk mencari semua yang terhilang.
6.              Spiritful living
Hidup yang penuh akan Roh pasti dimiliki oleh semua anak-anak Allah.
7.              Perpuluhan dan persembahan
Prinsip perpuluhan tidak hanya berlaku di masa Perjanjian Lama saja, namun perpuluhan merupakan prinsip abadi mengenai menjadikan Tuhan otoritas pertama dalam hidup manusia.

Demikian khotbah dari Ps. Tan Kim Hock. Sekarang, mari ambil langkah untuk menjadi excellent!!

No comments: