Monday, May 7, 2012

ECC Morning Service: GOOD SUCCESS

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai orang dewasa kita semua memiliki kerinduan bahkan obsesi untuk menjadi orang yang sukses dalam pekerjaan, bisnis, keluarga dan juga pelayanan. Kita selalu mencari-cari jalan dan cara untuk menjadi sukses. Namun definisi sukses itu sendiri itu berbeda dari satu orang kepada orang yang lain. Hari ini kita akan belajar mengenai definisi sukses menurut Firman Tuhan.
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pelayan Firman: Pastor Ivan Nugroho
GOOD SUCCESS

Ketika Pastor Ivan masih sangat muda, dia adalah pemuda yang sangat aktif di pelayanan, pelayanannya adalah worship leader, lalu dia masuk ke Sekolah Alkitab, dan tetap menjadi worship leader di sekolah Alkitabnya.

Beberapa saat sebelum lulus, Pastor Ivan bergumul dengan Tuhan untuk mencari tahu panggilan apa yang Tuhan berikan dalam hidupnya, pelayanan apakah yang harus dia jalani. Sampai akhirnya Tuhan memberikan pengelihatan demi pengelihatan bahwa dia harus masuk di dalam Pelayanan Anak.

Pertanyaannya apakah Pastor Ivan gagal (tidak sukses) karena berubah dari seorang Worship Leader yang selalu berada di atas panggung menjadi seorang pelayan anak. Atau apakah pilihannya untuk menjadi seorang pendeta merupakan kegagalan karena dia tidak menjadi pengusaha atau seorang dengan jabatan yang tinggi di sebuah perusahaan. Apakah standar dan ukuran dimana seseorang bisa dikatakan sukses?

Dunia sering menghubungkan kesuksesan dengan harta. Rumah mewah, mobil mewah, uang yang banyak, merupakan ukuran kesuksesan yang paling umum yang dianut oleh dunia. Namun apakah ukuran kesuksesan yang ditulis di Alkitab. Hari ini kita akan mempelajari ukuran kesuksesan menurut nilai-nilai Firman Tuhan. Mempelajadi perbedaan antara orang sukses yang belum mengenal Allah dan orang sukses yang mengenal Allah.

Yosua 1:8
Janganlah engkau lupa memperkatakan kitab Taurat ini, tetapi renungkanlah itu siang dan malam, supaya engkau bertindak hati-hati sesuai dengan segala yang tertulis di dalamnya, sebab dengan demikian perjalananmu akan berhasil dan engkau akan beruntung.

Kata berhasil dalam ayat di atas dalam bahasa Inggrisnya diterjemahkan sebagai Good Success. Orang yang mengenal Tuhan seharusnya memiliki Good Success, bukam hanya sekedar sukses.


Mazmur 1:1-3
1:1. Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,
1:2 tetapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
1:3 Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.

DEFINISI GOOD SUCCESS

Menurut kamus Bahasa Indonesia definisi dari sukses adalah:
  • Tindakan yang sesuai perintah (jadi kesuksesan hanya terjadi jika kita melakukan apa yang sesuai perintah)
  • Berhubungan dengan seseorang yang menyelesaikan tugas, atau hasil yang memuaskan.

Menurut Firman Tuhan Good Success dilambangkan seperti :
Ia seperti pohon, yang ditanam di tepi aliran air, yang menghasilkan buahnya pada musimnya, dan yang tidak layu daunnya; apa saja yang diperbuatnya berhasil.


Ciri-ciri orang yang mempunyai Good Success
SEPERTI POHON (ciri-ciri dari sebauah pohon)
BERTUMBUH
Artinya orang yang bertumbuh dalam hidupnya, pertumbuhan menggambarkan proses. Tuhan kita adalah Tuhan yang sangat suka dengan proses. Good Success adalah kesuksesan yang melalui proses, dan bukan melalui jalan pintas.

AKAR YANG DALAM
Orang yang mengakar semakin ke dalam, orang yang terus mencari sumbernya, orang yang merenungkan Firman Tuhan siang dan malam. Karena mereka menyadari bahwa Tuhan adalah sumber dari hidupnya dan sumber dari kesuksesannya. Orang yang kuat menghadapi badai kehidupan, dan tidak akan goyah dalam setiap masalah karena mereka kuat berakar dalam Tuhan.

BERGANTUNG
Orang yang mengandalkan Tuhan dalam kehidupan, orang yang terus bergantung pada Tuhan dalam pekerjaan dan kehidupannya. Orang yang selalu berkonsultasi dengan Tuhan.

DITANAM
Orang yang memiliki Good Success adalah orang yang sudah ditanam di tempat yang benar, dan bukan orang yang terus berpindah-pindah tempat. Ditanam melambangkan ketaatan. Orang yang ditempatkan Tuhan di tempat yang tepat, akan bertumbuh, tetapi dalam prosesnya dibutuhkan ketaatan.

DITEMPATKAN DI TEPI ALIRAN AIR
Jika Tuhan sudah menanam kita di suatu tempat, maka Dia akan menyediakan aliran air untuk membuat kita bertumbuh  subur. Tuhan akan menyediakan apa yang kita perlukan untuk bertumbuh. Kita tidak perlu khawatir karena berkatnya pasti datang, kita hanya perlu menunggu waktunya.

MENGHASILKAN BUAH
Menghasilkan buah berarti memberi, orang yang memiliki Good Success memiliki gaya hidup yang suka memberi. Orang yang tidak pernah takut untuk memberi dalam jumlah yang besar, sesuai dengan jumlah yang Tuhan berikan di hatinya, pemberian yang terkadang begitu besar dan membuat kita sakit, kita melakukan itu karena mereka percaya bahwa Tuhan akan selalu menyediakan apa yang kita butuhkan.

TIDAK LAYU DAUNNYA
Sebuah pohon yang daunnya tidak pernah layu adalah pohon yang memiliki akar yang terus mencari sumber air. Daun yang tidak pernah layu melambangkan Endurance dalam kehidupan. Tidak pernah menyerah dengan apa pun yang terjadi, yang tidak pernah mundur untuk mencapai tujuan hidupnya. Untuk memiliki Good Success kita harus memiliki endurance.


BERHASIL DALAM KEHIDUPAN
Alkitab mengatakan orang yang Good Sucsess maka apa saja yang dibuatnya berhasil, atau dalam  terjemahannya dalam bahasa Inggris adalah repeatedly prosper. Orang yang mengalami kelimpahan dan kesuksesan secara berulang-ulang dan di setiap area kehidupan.


HAL YANG TIDAK BOLEH KITA LAKUKAN 
Berbahagialah orang yang tidak berjalan menurut nasihat orang fasik, yang tidak berdiri di jalan orang berdosa, dan yang tidak duduk dalam kumpulan pencemooh,

Berjalan, berdiri, duduk sedang berbicara tentang pikiran, tindakan, dan sikap yang akhirnya menghasilkan karakter.

Ciri-ciri orang fasik :
Suka mengeluh akan nasib, dan tidak pernah memilih untuk mensyukuri keadaan yang ada.
Menghancurkan dengan perkataan, kata-katanya selalu negative dan selalu menganggap segala hal tidak mungkin.Orang yang melakukan apa pun untuk mendapatkan keuntungan.

Hanya mementingkan diri sendiri .
Menyalahgunakan kasih karunia, kita menggunakan berkat dan kasih karunia Tuhan untuk hal-hal yang tidak sesuai dengan Firman Tuhan.

Jika kita memiliki attitude dan karakter orang fasik, atau bergaul dengan orang-orang seperti ini maka kita tidak akan bisa memiliki Good Success dalam hidup.

APA YANG HARUS KITA LAKUKAN
MEMBUAT FIRMAN TUHAN MENJADI KESUKAAN DALAM HIDUP KITA

MERENUNGKAN FIRMAN TUHAN SIANG DAN MALAM

etapi yang kesukaannya ialah Taurat TUHAN, dan yang merenungkan Taurat itu siang dan malam.
Kesukaan adalah keputusan yang kita ambil, jika kita ingin memiliki Good Success kita harus membuat Firman Tuhan menjadi kesukaan dalam kehidupan kita.

Merenungkan siang dan malam berarti sesuatu yang berkelanjutan, dan tidak pernah berhenti. Karena perjalanan kita dengan Tuhan bukanlah proses yang instan.

If you meditate the Word of God continually it will shape your character, and strengthen your spiritual.

Sama seperti kita menguatkan fisik kita, kita harus terus berolahraga secara teratur dan terus menerus, begitu juga dengan kehidupan spiritual kita.

Jika kita merenungkan Firman Tuhan terus menerus, kita akan mendapatkan hatinya Tuhan, kita akan mendapatkan hadirat Tuhan dan apa yang ingin Dia berikan pada kita.

Maka kita akan seperti pohon yang ditanam di tepi aliran air. Apa saja yang kita kerjakan berhasil.

No comments: