Sunday, February 28, 2010

ECC Morning Service: Mendengar Suara Tuhan

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Kehidupan keKristenan adalah sebuah perjalanan, seringkali kehidupan kita seperti bagaikan berada dalam sebuah labirin, kita tidak tahu apa yang ada di depan kita, bahkan sebagian dari kita tidak tahu apa yang sedang kita lakukan dalam labirin itu, karena tidak tahu tujuan hidup kita sendiri. Ketika berada dalam sebuah labirin kita sangat membutuhkan petunjuk (guidance) untuk menemukan jalan keluar dari labirin itu dan mencapai tujuan kita, petunjuk sangat dibutuhkan supaya kita tidak hanya berputar-putar dalam tempat yang sama, dan terus berjalan maju dalam kehidupan.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pelayan Firman: Pastor Victor Waang
MENDENGAR SUARA TUHAN

Banyak contoh guidance yang kita temukan dalam kehidupan kita sehari-hari, ada lampu lalulintas yang memberi tahu kapan kita harus jalan, berhenti dan bersiap-siap. Ada GPS yang memberi tahu dimana posisi kita dan arah menuju tempat tujuan kita, begitu juga dalam perjalanan laut dan udara, dalam semua perjalanan guidance selalu dibutuhkan.
Tanpa Guidance kita pasti akan tersesat ketika menemukan sesuatu yang baru dalam kehidupan, dan ketika kita tersesat kita akan membuang waktu kita untuk kembali ke jalan yang benar, kita memboros-boroskan umur kita sendiri, jika kita hidup tanpa memiliki guidance.


HOS 4:6
Umat-Ku binasa karena tidak mengenal Allah; karena engkaulah yang menolak pengenalan itu maka Aku menolak engkau menjadi imam-Ku; dan karena engkau melupakan pengajaran Allahmu, maka Aku juga akan melupakan anak-anakmu.

Dalam ayat ini dikatakan dengan jelas bahwa kita (umat Tuhan) binasa karena tidak mau mengenal Tuhan, dan karena kita tidak mengenalnya kita juga tidak akan mendengar suara Tuhan.
Tanpa mengenal Tuhan kita tidak memiliki guidance dalam kehidupan kita, karena guidance dalam kehidupan kita adalah suara Tuhan. Suara Tuhan adalah lampu lalulintas dalam kehidupan kita, rambu-rambu, GPS juga mercusuar dalam kehidupan kita, tanpanya kita akan membahayakan diri sendiri dan selalu tersesat dalam kehidupan.


Banyak orang yang tidak bisa mendengar suara Tuhan karena mereka memiliki paradigma yang salah tentang suara Tuhan.

Dapatkah saya mendengar suara Tuhan ? Sering kali kita menganggap diri kita masih banya
k melakukan dosa, belum lama lahir baru atau hanyalah bayi rohani. Sehingga kita merasa tidak mungkin mendengar suara Tuhan.

Apakah Tuhan mau bicara kepada saya? Kita merasa Tuhan hanya mau berbicara dengan para pemimpin rohani, mereka yang kita anggap seorang raksasa rohani , mereka yang memiliki karunia kenabian.


Kedua paradigma itu adalah salah, percayalah bahwa kita semua memiliki karunia dalam mendengar suara Tuhan, karena Tuhan tidak ingin satupun dari anaknya tersesat dalam kehidupan dan menghabiskan hidupnya di titik yang sama. Kita semua memiliki potensi dan kemampuan untuk mendengar suara Tuhan, asalkan kita mau meminta Tuhan berbicara kepada kita dan melatih diri kita untuk
mendengar suaraNya.

Suara Tuhan ada 2 jenis:

Supranatural : suara yang sangat audible, seperti melalui mimpi dan nubuatan.
Natural : melalui potensi (jika kita tidak memiliki potensi dalam hal menyanyi, itu adalah cara Tuhan untuk mengatakan bahwa tujuan hidup kita bukanlah untuk menjadi penyanyi professional atau worship leader)
melalui orang-orang yang ada di sekitar kita (pertanyaan yang kita tanyakan kepada Tuhan bisa saja akan dijawab oleh orang-orang yang berada di sekitar kita)


Bertanya kepada Tuhan tentu bukanlah mengenai hal-hal sederhana dalam kehidupan kita, kita tidak perlu bertanya kepada Tuhan, tentang pakaian apa yang harus kita pakai hari ini, hari ini kita harus tidur jam berapa ? Atau mobil warna apa yang harus kita beli ? Pertanyaan-pertanyaan seperti itu harus kita jawab sendiri, karena untuk itulah Tuhan memberikan kita otak dan hikmat.
Tuhan bukan pembantu kita, Dia adalah Bapa kita, jangan menanyakan hal-hal sepele kepadaNya. Jadilah anak yang dewasa, bukan anak manja.

3 AREA PENTING YANG HARUS KITA TANYAKAN KEPADA TUHAN


PASANGAN HIDUP
Bagi saudara yang masih single, ini adalah area yang sangat penting untuk anda tanyakan kepada Tuhan.
Dalam hidup dibutuhkan dua keputusan besar: Pertama, LAHIR BARU, karena dengan lahir baru kita akan memutuskan kemana kita akan pergi setelah kita meninggal nanti, surga atau neraka.
Kedua: MENIKAH, jika kita memutuskan untuk menikah, kita harus memilih pasangan hidup yang tepat, karena pasangan hidup yang salah dapat membuat kehidupan kita di dunia seperti di neraka, sedangkan pasangan hidup yang benar akan membuat kehidupan kita seperti di surga.


KEJ 2:24
Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.

Dalam ayat ini dikatakan bahwa suami dan istri akan menjadi satu, itu artinya pernikahan bukanlah proses “penambahan”, melainkan proses “multipikasi” atau perkalian. Dimana 1 pribadi bersatu dengan 1 pribadi dan menghasilkan 1.

1 …. 1 = 1 >> Jawabannya adalah 1 X 1 = 1

Artinya 1 X 0,5 = 0,5 atau 1 x 0,1 = 0,1


Perhitungan diatas mengatakan bahwa meskipun anda adalah pribadi yang benar (memiliki nilai 1), tetapi jika kita menikah dengan orang yang salah (memiliki nilai 0,5) maka nilai kehidupan kita akan berkurang dan bukan bertambah, karena pernikahan adalah proses multiplikasi. Oleh karena itu pernikahan adalah hal yang sangat penting, karena akan menentukan nilai dan kualitas kehidupan kita di masa yang akan datang, kita sangat membutuhkan suara Tuhan dalam memilih pasangan hidup kita.


Meskipun dalam Tuhan tidak ada istilah perjodohan, Tuhan membiarkan kita memilih pasangan hidup kita, oleh karena itu kita harus menanyakan kepada Tuhan dan memakai prinsip-prinsip Alkitab dalam memilih pasangan hidup sehingga kita dapat memilih dengan benar.


TUJUAN HIDUP
Tujuan adalah maksud yang orisinil yang ada dalam pikiran sang pencipta yang memotivasi dia untuk menciptakan suatu benda tertentu.

Artinya ketika Tuhan menciptakan kita, Dia sangat termotivasi dalam menciptakan anda. Kesuksesan setiap kita adalah ketika kita berjalan sesuai dengan tujuan Tuhan menciptakan kita, bahkan keberhasilan Tuhan sebagai pencipta sangat ditentukan oleh keberhasilan kita memenuhi tujuan hidup kita. Ketika kita tidak berjalan seperti maksud Tuhan dalam menciptakan kita, maka kita gagal memaksimalkan potensi yang Tuhan berikan kepada kita.


Oleh sebab itu kita semua harus mengetahui tujuan Tuhan dalam hidup kita, karena segala sesuatu di bumi ini diciptakan untuk satu tujuan, begitu juga dengan diri anda yang diciptakan untuk satu tujuan. Segala sesuatu yang tidak menjalani tujuannya pasti tidak akan maksimal, dan akan melecehkan penciptanya juga orang lain.

Jika sebuah smartphone Blackberry hanya dipakai sebagai ganjal pintu tentu akan melecehkan orang yang dengan susah payah merancang Blackberry tersebut, selain itu orang-orang lain yang sangat menginginkan smartphone tersebut juga akan merasa terlecehkan melihat hal tersebut. Hidup “dibawah” potensi yang kita miliki bukanlah suatu wujud kerendahan hati, atau merendahkan diri, tetapi merendahkan pencipta kita, merendahkan Tuhan.


Sebagai pencipta Tuhan menciptakan kita dengan berbagai vitur yang unik dan Dia ingin kita memakai semua vitur yang kita miliki, karena untuk itulah kita diciptakan.

Setiap kita memiliki tujuan yang khusus, setiap kita memiliki track yang khusus untuk memenuhi tujuan kita. Seperti mobil Formula One akan menjalani tujuannya jika mobil tersebut bejalan pada track yang khusus yaitu dalam sirkuit balap, dalam sirkuit itulah F1 akan bersaing untuk menjadi yang terbaik, mobil balap itu tidak akan dapat memenuhi tujuannya jika dipakai di daerah pemukiman padat yang selalu macet dan jalannya berlubang-lubang.

Di sisi lain BAJAJ juga tidak akan pernah menjadi maksimal ketika dipakai di sirkuit balap, bajaj hanya akan menjadi bahan tertawaan orang, terlihat lambat, jelek dan memalukan ditengah-tengah sirkuit balapan, tetapi ketika bajaj tersebut dikembalikan ke track-nya yaitu di pinggiran kota.
Jalanan macet, becek dan berlubang-lubang akan dia hantam terus untuk mengantarkan penumpangnnya sampai tujuan.

Untuk menjadi sukses kita tidak harus menjadi F1 atau Bajaj, kesuksesan adalah ketika menjalani tujuan Tuhan dalam menciptakan kita, memakai semua potensi kita dan berjalan pada track kita sendiri.

Kesuksesan bukanlah ketika membandingkan pekerjaan kita dengan pekerjaan orang lain, sukses adalah ketika kita membandingkan pekerjaan kita dengan apa yang seharusnya bisa kita kerjakan. Kita boleh memiliki idola untuk dapat memotivasi kita, untuk memacu kita untuk bekerja lebih keras, tetapi itu bukan berarti kita menyamakan destiny kita dengan idola kita, karena kita semua memiliki destiny masing-masing.


Oleh karena itu kita semua harus tahu apa tujuan hidup kita. Ketika kita berjalan sesuai dengan tujuan hidup kita, maka semakin hari kita akan semakin mengasah dan mengoptimalkan vitur-vitur yang telah Tuhan berikan kepada kita, semakin hari kita akan semakin yakin bahwa Tuhan menciptakan kita untuk tujuan tersebut, kita akan menikmati berjalan dalam track yang telah Tuhan sediakan.

Jika anda belum tahu atau ragu terhadap tujuan hidup anda, bertanyalah pada Tuhan, setiap pencipta selalu rindu ciptaannya berfungsi secara maksimal, Tuhan rindu untuk menyatakan tujuanNya untuk hidup saudara.

KEMENANGAN
Kemenangan dalam setiap area kehidupan kita akan sangat ditentukan apakah saudara mendengar suara Tuhan atau tidak.

1 TAW 14:14 -15
14 maka bertanyalah lagi Daud kepada Allah, lalu Allah menjawab: "Janganlah maju di belakang mereka, tetapi buatlah gerakan lingkaran terhadap mereka, sehingga engkau dapat menyerang mereka dari jurusan pohon-pohon kertau.
15 Dan bila engkau mendengar bunyi derap langkah di puncak pohon-pohon kertau itu, maka haruslah engkau keluar bertempur, sebab Allah telah keluar berperang di depanmu untuk memukul kalah tentara orang Filistin."

Daud sebagai raja terbesar dalam sejarah Israel selau mendengarkan Tuhan dalam setiap pertempurannya, mendengarkan suara Tuhan akan menjadi kunci kesuksesan kita dalam pekerjaan kita masing-masing. Dalam setiap keputusan yang kita ambil, pastikan kita membicarakanNya dahulu kepada Tuhan, karena mendengarkan suara Tuhan adalah kunci kemenangan kita.

Kekuatan kita terbatas, pengalaman dan pengetahuan kita terbatas, tetapi Tuhan tidak terbatas, mendengar suara Tuhan adalah kunci kemenangan kita.

Pastikan engkau mendengar suara Tuhan, karena itulah kunci dari keberhasilan dalam hidupmu. Pasangan Hidup, Tujuan Hidup dan Kemenangan akan sangat ditentukan seberapa dalam engkau mendengar suara Tuhan

Dan ketika Tuhan berbicara, kita harus merespon dengan benar.
Respon yang benar adalah mendengar dengan iman, ketaatan dan kesabaran (faith, obedience and patient), sehingga kita dapat melihat apa yang Tuhan janjikan dan kerjakan menjadi kenyataan.

Pastor Victor mendengar suara Tuhan, dalam memilih pasangan hidup dan pekerjaannya, sehingga jika hari ini ia mengalami kemenangan demi kemenangan itu karena Yesus.

Mungkin dalam kehidupan, kita sering menutup telinga hati kita untuk mendengar suara Tuhan, tetapi ketahuilah hal tersebut hanya akan membuat hidup kita tidak maksimal, berhentilah menghabiskan kehidupan saudara untuk tersesat dalam labirin, dengarlah suara Tuhan dan berjalanlah di track yang telah disediakan untuk anda.

No comments: