Sunday, January 18, 2009

ECC Morning Service: Lift Up Your Hand

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
“ Tahun ini ECC mengajarkan tiga hal baru kepada jemaatnya salah satunya adalah meminta jemaat untuk mengangkat tangan ketika melakukan penyembahan. Mengapa demikian? Kenapa gereja mengajar sampai sedetail itu terhadap posisi jemaat ketika menyembah Tuhan? Apakah ada dasar Alkitab-nya ? ”
-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pelayan Firman : Pastor Joshua Joshinaga
LIFT UP YOUR HAND

Kemungkinan semua orang setuju kalau ekspresi sangat penting dalam sebuah komunikasi, suatu pesan jika disampaikan dengan ekspresi yang salah bisa mengacaukan pengertian penerima pesan tentang isi dari pesan tersebut.

Suatu pesan universal seperti “ I Love You “ tidak ada artinya jika disampaikan tanpa ekspresi yang tepat, di sisi lain ekspresi kita dalam berkomunikasi dengan seseorang bisa bisa membuat lawan bicara kita merasakan bahwa dia dicintai meskipun kita tidak mengatakan apa-apa. Ekspresi bisa berbicara ribuan kata.
Komunikasi dengan Tuhan juga sebaiknya demikian, meskipun Tuhan mengetahui isi hati kita, bukan berarti kita tidak perlu menunjukan ekspresi kita saat berkomunikasi dengan-Nya. Salah satu wujud dari ekspresi kita ketika menyembah Tuhan adalah mengangkat tangan.
Arti dari mengangkat tangan :
1. Menyambut Tuhan ( Maz 134 : 1-2 )
“ Mari, pujilah Tuhan hai semua hamba Tuhan, … angkatlah tanganmu ke tempat yang kudus dan pujilah Tuhan.”

Ketika menyambut seseorang sudah sewajarnya kita berdiri dan mengangkat tangan kita (terkadang sambil melambaikan tangan kita), adalah hal yang aneh bahkan tidak sopan jika kita hanya melipat tangan ketika seseorang datang menghampiri. Bayangkan jika seorang Presiden datang ke hadapan kita, apakah kita akan duduk saja sambil melipat tangan? Tentu tidak, kita akan berdiri sambil melambaikan tangan untuk menyambut beliau. Kita mengangkat tangan kita untuk menyambut Raja dari segala Raja.

2. Menyerah kepada Tuhan ( Maz 28 : 2)
“Dengarkanlah suara permohonanku, apabila aku berteriak kepada-Mu minta tolong dan mengankat tanganku ke arah tempat-Mu yang maha kudus.“

Mengangkat tangan juga berarti kita menyerah dan berserah kepada Tuhan, kita mengakui bahwa dihadapan-Nya kita tidak berdaya dan menyerahkan semuanya kepada kedaulatan Tuhan. Dengan mengangkat tangan sambil menyembah berarti kita mengakui kebesaran Tuhan dan kelamahan kita.

3. Menunjukan kerendahan hati kita.
Mau mengangkat tangan kita juga menunjukan kerendahan hati kita untuk berserah dan menyembah Tuhan kita.

Jangan menganggap rendah ekspresi seseorang ketika sedang menyembah Tuhan.
Mungkin ada dari kita yang sering melihat ke sekitar kita ketika ada orang yang menyembah Tuhan sambil mengangkat tangan, tersenyum, menangis atau menunjukan ekspresi lainnya. Ketahuilah ekspresi yang mendalam secara otomatis muncul ketika terjalin sebuah hubungan yang kuat antara orang tersebut dengan Tuhan. Kita tidak berhak untuk menilai atau menghakimi ekspresi seseorang terhadap Tuhan. Mulai sekarang pertanyakanlah diri anda jika ketika menyembah Tuhan, anda tidak terdorong untuk mengekspresikan diri anda kepada Tuhan, Bagaimana sebenarnya hubungan pribadi anda dengan Allah?

Oleh karena itu ECC menganjurkan kepada setiap jemaat untuk belajar mengekspresikan penyembahannya kepada Tuhan, Membiasakan diri untuk mengangkat tangan, meskipun pada awalnya mungkin sulit, karena segala sesuatu yang baik harus dibiasakan.
When you worship God, lift up your hand, Why Not ?

Quote of the week:
“ Tuhan aku selalu bersyukur untuk segala sesuatu yang kuterima dari- Mu dan segala sesuatu yang Kau ambil dariku.” Madam Theresa


4 comments:

rynnapong said...

eh gaa.. tambahin lg keuntungan dari segi kesehatannya... :p

Eunike said...

ehmmm,,hello..
ak grace..
lagi bingung nyari tau ttg ECC,,n akhirnya nemuin blog ni..
Bisa taw ga ya official site ny ECC bandung??
N maw nanya,,jadwal kebaktian ECC tu jam brapa aj ya??
Thx Before..
JBU..

rynnapong said...

hai grace...
official site-nya blum jadi...
kl jadwal keb. ecc :
yg profesi jem 10am kl yg the bridge (youth) jem 2pm...tempatnya di bengkel nusantara, jl. ahmad yani (sebelum belokan ke jl. bogor).
-cu there-

Eunike said...

thx bwat infonya,,,
sayang kmaren ga jadi kesana..
soalnya jadwal kebaktiannya mepet sama jadwal test masuk univ,,hehe..
Laen kali mungkin,,
hehe..
JBU