Monday, November 12, 2012

ECC MORNING SERVICE: TODAY IS MY DAY


ECC MORNING SERVICE: TODAY IS MY DAY
PELAYAN FIRMAN: PS. PATRICK ONDREY
11 NOVEMBER 2012

Minggu ini kita kedatangan tamu dari Amerika untuk membagikan berkat dari firman, yaitu Ps. Patrick Ondrey. Ps. Patrcik juga menjadi pembicara utama di acara Business Meeting pada tanggal 10 November kemarin. Catatan ringkasan khotbah ini diambil dari khotbah beliau ketika ibadah Morning Service, hari Minggu, jam 10 pagi. Selamat membaca. J

Kejadian 1 : 28
Allah memberkati mereka, lalu Allah berfirman kepada mereka: “Beranak-cuculah dan bertambah banyak; penuhilah bumi dan taklukkanlah itu, berkuasalah atas ikan-ikan di laut dan burung-burung di udara dan atas segala binatang yang merayap di bumi.”

Setelah Tuhan menciptakan manusia, Ia langsung memberkati mereka. Tuhan tidak berbicara langsung kepada mereka terlebih dahulu, namun Tuhan melakukan sesuatu terlebih dahulu terhadap mereka, yaitu member berkat. Apa itu berkat? Berkat tidak hanya mengenai materi, namun BERKAT ADALAH KUASA UNTUK MAJU DAN MENGHASILKAN YANG BAIK DAN KEKUATAN UNTUK MELAKUKAN LEBIH DARI YANG BISA DILAKUKAN.

BLESSING IS THE POWER TO BE PROGRESSIVE AND THE POWER TO DO WHAT IS GOOD

Setiap ciptaan Tuhan pasti terlebih dahulu diberkati oleh-Nya. Banyak orang berpikir bahwa manusia atau kita, sebagai anak-anak Tuhan, hidup dengan iman bahwa kita pasti akan diberkati. Hal itu tidak benar. KITA BUKAN HIDUP UNTUK DIBERKATI, KITA SUDAH DIBERKATI.

Kembali ke kitab Kejadian, terlihat bahwa Allah terlebih dahulu memberikan berkat dan karunia baru diikuti dengan firman atau instruksi terhadap manusia. Kalimat pertama yang Tuhan ucapkan kepada manusia tersebut adalah sebuah instruksi agar manusia melakukan kemajuan (perkembangan; progresifitas) di dunia. Karena itu Tuhan menginginkan hidup setiap manusia itu maju. Mengalami pertumbuhan dan perkembangan dari satu titik ke titik yang lainnya. Namun sebuah kemajuan dalam hidup tidak bisa didapat dengan mudah karena untuk mendapatkannya dibutuhkan perubahan.

LIFE IS ABOUT GROWTH AND GROWTH REQUIRES CHANGE

Perubahan dimulai dengan cara berpikir kita. BERPIKIRLAH MAJU. Berpikirlah bahwa HARI INI ADALAH HARI PERUBAHAN YANG LEBIH BAIK DARI HARI KEMARIN. Hari kemarin itu baik, namun pastikan bahwa hari ini adalah hari yang lebih baik dari hari kemarin. Besok pun percayalah bahwa akan menjadi hari yang baik. Namun kita hidup di hari ini, karena itu pastikan setiap pagi kita bangun dalam sebuah iman bahwa HARI INI ADALAH HARI PERUBAHAN bagi diri kita, hidup kita, pekerjaan kita, keluarga kita, keuangan kita, dsb.


Yesaya 43 : 18 – 19
Firman-Nya: “Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari jaman purbakala! Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara.

Masa kita hidup adalah SEKARANG dan Tuhan memulainya dengan memberitahukan pada kita untuk melupakan hal-hal yang sudah lalu. Dalam membaca dan merenungkan firman, jangan hanya perhatikan apa yang ditulis firman. Tapi perhatikan juga APA YANG TIDAK DIKATAKAN oleh firman. Dalam ayat di kita Yesaya tersebut tidak disebutkan oleh Tuhan untuk manusia melupakan hal-hal buruk yang terjadi di masa lampau saja. Tuhan mau kita tidak terikat dengan masa lalu, baik itu pencapaian maupun kegagalan, baik itu kebahagiaan maupun kesedihan. Mungkin sudah banyak hal-hal baik yang kita pernah capai di masa lalu, tapi haruslah diingat bahwa GOOD IS THE ENEMY OF GREAT.

CHANGE YOUR THINKING à CHANGE YOUR LIFE

Disebutkan juga bahwa karunia Tuhan itu baru setiap paginya. Hal itu berarti bahwa SETIAP HARI PASTI AKAN ADA HAL-HAL BARU YANG TERJADI. Tangkap karunia dan berkatmu hari ini! Ambil semua yang ada hari ini dan jangan sisakan. Mengapa? Karena besok, sudah ada berkat baru yang menunggu. Berkatmu hari ini akan hilang jika tidak diambil hari ini juga. Hari ini bukanlah esok. Jadi, mengapa harus besok?

TUHAB BERKATA,”HARI IN HARI YANG BARU, AKU MAU MELAKUKAN HAL-HAL YANG BARU UNTUKMU HARI INI.”

Dalam kehidupan TIDAK ADA KEBETULAN. Yang ada hanyalah perjumpaan dengan sejarah. Namun ada dua tipe perjumpaan dengan sejarah, yaitu menjadi saksi sejarah atau membentuk sejarah baru. Jadilah orang yang membentuk sejarah dengan membuat perubahan HARI INI.

Lukas 5 : 17
Pada suatu hari ketika Yesus mengajar, ada beberapa orang Farisi dan ahli Taurat duduk mendengarkan-Nya. Mereka datang dari semua desa di Galilea dan Yudea dan dari Yerusalem. Kuasa Tuhan menyertai Dia, sehingga Ia dapat menyembuhkan orang sakit.

Dalam kehidupan manusia, pasti selalu ada masa-masa yang mengubah kehidupan seseorang untuk selamanya. Entahkah itu hal kecil ataupun hal yang menurut kita besar. Melihat dari ayat di atas, Yesus berada di dalam satu ruangan sedang mengajar. Namun, Ps. Patrick berkata bahwa harus kita perhatikan bahwa bukan hanya Yesus yang ada di ruangan yang sedang mengajar, tapi terdapat juga FIRMAN-NYA. Dikatakan bahwa firman Tuhan adalah Tuhan itu sendiri dan di mana ada firman, di situ ada kuasa Tuhan yang bekerja. Sehingga di dalam ruangan itu terdapat KUASA TUHAN YANG PENUH karena ada firman-Nya. Dalam melakukan pekerjaan-Nya, firman Tuhan bergerak dengan SANGAT CEPAT DAN KUAT.

Ayat lanjutan dari ayat dalam kitab Lukas tersebut dikatakan bahwa terdapat seorang lumpuh yang dibantu oleh teman-temannya agar ia dapat bertemu dan disembuhkan oleh Yesus. Teman-teman dari seorang lumpuh ini MELIHAT KESEMPATAN. Mereka tahu bahwa ada kuasa besar dari firman Tuhan yang bekerja dan dapat menyembuhkan. Permasalahannya adalah Yesus dan firman-Nya ada di dalam ruangan, sedang mereka tidak.

WHERE THE WORD IS, THERE IS THE POWER OF GOD!

Lukas 5 : 18
Lalu datanglah beberapa orang mengusung seorang lumpuh di atas tempat tidur; mereka berusaha membawa dia masuk dan meletakkannya di hadapan Yesus.

Karena itu teman-teman dari seorang lumpuh membawanya naik ke atap untuk ia dapat masuk ke ruangan di mana Yesus dan firman-Nya berada. Masa itulah yang mengubah hidup seorang lumpuh untuk selamanya dan sebelum masa itu datang, teman-temannya dan dirinya tahu bahwa ada kesempatan untuk mereka HARI INI untuk mengalami perubahan. Dan mereka menangkapnya dengan agresif.

UNTUK MENDAPATKAN KESEMBUHAN, MASUKLAH DENGAN PAKSA KE DALAM RUANGAN DI MANA TERDAPAT FIRMAN TUHAN. Jika kita sebagai anak-anak Tuhan percaya bahwa Tuhan adalah Tuhan dengan segala kelimpahan-Nya, maka kejarlah Tuhan dengan segenap kekuatan. Jadilah agresif. Kita dapat membayangkan teman-teman dari seorang lumpuh tersebut membongkar atap ruangan dengan agresif dan tangan kosong sampai tangannya penuh luka. Namun mereka begitu agresif mengambil kesempatan perubahan dan tidak mau menundanya.

Kerinduan dari Tuhan adalah untuk menyembuhkan segala aspek kehidupan kita yang ‘sakit’ dan ‘lumpuh’ dengan CEPAT, sama seperti seorang lumpuh disembuhkan hanya dengan firman-Nya. Namun dibutuhkan usaha kita untuk mengambil kesempatan itu SEKARANG.

Lukas 5 : 25
Dan seketika itu juga bangunlah ia, di depan mereka, lalu mengangkat tempat tidurnya dan pulang ke rumahnya sambil memuliakan Allah.

GOD CAN SOLVE THE PROBLEM RIGHT NOW!!!

Sama juga dengan cerita mengenai seorang wanita yang sakit pendarahan di dalam Alkitab. Ia mengalami sakit pendarahan selama 12 tahun dan ketika Yesus datang ke kotanya hari itu, ia langsung datang mencari Yesus. Ia tidak menunggu besok karena besok belum tentu Yesus masih ada di kotanya. Yesus datang HARI INI! Dan tanpa menunda ia mengejar Yesus dengan segala kemampuannya hingga akhirnya ia dapat menyentuh kain yang dikenakan Yesus sehingga ia sembuh seketika.

LAKUKANLAH SEGALA HAL YANG BISA KITA BISA LAKUKAN UNTUK DATANG KEPADA TUHAN! Kita harus ketagihan dengan firman Tuhan. Kejarlah Tuhan selama 24 jam dan Tuhan akan bekerja dalam kehidupan kita selama 24 jam. Jadilah agresif dalam mengejar Tuhan dan jadilah kejam terhadap setiap musuh dan hal-hal yang menghambat pengejaran kita kepada Tuhan. Karena manusia memiliki musuh yang tidak ingin jika tujuan Tuhan dalam hidup seseorang terpenuhi. Dan tujuan tersebut hanya dapat dipenuhi jika manusia tersebut terus mengejar dan memiliki hubungan dekat dengan Tuhan. Kejarlah Tuhan setiap hari karena Tuhan ingin menjawab doa kita hari ini. Buatlah setiap momen dalam hidup kita untuk selalu berada di dalam hadirat Tuhan!

Yesaya 65 : 24
Maka sebelum mereka memanggil, Aku sudah menjawabnya; ketika mereka sedang berbicara, Aku sudah mendengarkannya.

Janji Tuhan kepada manusia adalah SEBELUM DIPANGGIL, TUHAN SUDAH MENDENGAR DAN MEMBAWA JAWABANNYA. Karena itu dalam setiap hal yang kita masih membutuhkan jawaban, janganlah takut. Tuhan sudah mempunyai jawabannya.

Dan sebagai penutup, Ps. Patrick memberikan empat langkah proses perubahan sesuai dengan keinginan Tuhan. Seperti yang mungkin pernah kita baca dalam firman, kita semua pernah mendengar empat nama sungai di Taman Eden ketika Tuhan menciptakan bumi. Kita seringkali tidak mengerti apa maksud dari firman atau ayat-ayat tertentu, tapi Tuhan adalah Tuhan yang memiliki pemikiran yang sangat strategis, karena itu tidak ada firman yang ditulis sia-sia.

Kejadian 2 : 10 – 11
Ada suatu sungai mengalir dari Eden untuk membasahi taman itum dan dari situ sungai itu terbagi menjadi empat cabang. Yang pertama, namanya Pison, yakni yang mengalir mengelilingi sluruh tanah Hawila, tempat emas ada.

Kejadian 2 : 13 – 14
Nama sungai yang kedua ialah Gihon, yakni yang mengalir mengelilingi seluruh tanah Kush. Nama sungai yang ketiga ialah Tigris, yakni yang mengalir di sebelah Timur Asyur. Dan sungai yang keempat ialah Efrat.

Terlihat bahwa Allah memberikan setiap sungai di taman Eden tersebut nama dan urutan nomor. Sesuatu hal yang mungkin kita pikir tidak perlu. Namun Tuhan memiliki maksud di balik semuanya ini. Sungai pertama diberi nama Pison. Nama Pison memiliki arti MENGALIR BERLIMPAH. Tuhan menginginkan adanya kelimpahan dalam hidup setiap anak-anak-Nya, karena itulah ia membuat hokum tabur-tuai. Untuk dapat “mengalir” seperti disebutkan, suatu sungai harus dibersihkan dari segala hal yang menghambat aliran. Begitu juga dalam hidup, untuk dapat “mengalir” dalam kelimpahan yang dijanjikan Tuhan, cabutlah semua halangan yang ada! JANGANLAH MEMBENTUK BENDUNGAN DALAM HIDUP. Jangan mau diatur apa saja dan bukan apa saja yang bisa dan tidak bisa dilakukan kita oleh manusia lain! Tentukan jalan hidupmu bersama dengan Tuhan. Ikuti aliran-Nya. Masuk ke dalam sungai-Nya. Untuk dapat mengikuti aliran-Nya tersebut, menyelamlah di dalamnya! Ada usaha yang perlu kita lakukan untuk dapat masuk dalam aliran ini seperti yang sudah disebutkan. Bahkan hukum tabur-tuai sendiri dibutuhkan proses sampai kelimpahan terjadi. Bukan hal yang kita tabur sekarang akan kita tuai sesaat sesudahnya. Tapi kita menabur benih yang satu, kita rawat, kita menuai. Dari tuaian kita mendapat benih yang lebih banyak. Kita menabur benih lebih banyak, kita rawat, dan kita tuai. Kita mendapat benih lebih banyak lagi. Kita tabur lebh banyak lagi, sambil merawat yang satu, kita menabur lagi yang lain, kemudian kita rawat lagi yang baru, dan ketika kita terus menabur dan menabur yang baru, tidak akan terasa kita sudah mulai menuai taburan benih yang pertama. Dan ketika kita sudah menuai yang pertama dan akan menabur yang baru lagi, tuaian benih kedua sudah muncul. Inilah yang dinamakan ALIRAN KELIMPAHAN. Ada proses, ada usaha. Dan semuanya harus dilakukan HARI INI.

Sungai kedua bernama Gihon. Gihon memiliki arti TEROBOSAN atau BREAKTHROUGH. Setelah kita menghilangkan setiap hambatan dalam hidup dan mulai menyelam masuk dalam aliran Tuhan, maka pasti akan muncul terobosan-terobosan dalam hidup. Terobosan ini bisa didapat melalui firman Tuhan karena di dalam firman terdapat kuasa terobosan. BE UNSTOPPABLE! Alami terobosan baru hari demi hari!

Sungai ketiga bernama Tigris. Tigris berarti RAPIDLY atau DENGAN CEPAT. Tuhan kita bukan Tuhan yang lambat. Mukjjizat-mukjizat yang Tuhan lakukan disebutkan dalam firman terjadi dengan seketika itu juga. Putuskan untuk mengejar Tuhan hari ini dan alami terobosan dalam hidup. Alami berbagai kesembuhan dan perubahan hari ini dari Tuhan. Dan janganlah kembali ke kubangan yang sama. DEKLARASIKAN BAHWA MUSUHMU SUDAH KALAH DAN JANGAN KEMBALI LAGI PADANYA!!

Sungai keempat diberi nama Efrat. Efrat memiliki arti PENINGKATAN, KEMAJUAN, HARVEST. Inilah yang menjadi alasan mengapa keempat sungai ini diberi nomor yang berurut dari satu sampai empat. Semuanya memiliki pesan yang dari hal-hal yang harus dialami manusia dalam kehidupannya sebagai anak Tuhan. Dan hal terakhir yang menjadi hasil dari segala kesengajaan pengejaran Tuhan, usaha, dan proses yang dialami adalah suatu peningkatan dalam hidup. Sebuah tuaian raya dalam hidup.

Dan untuk mengalami keempat hal tersebut terjadi dalam hidup, kita tidak perlu menunggu lama. AMBILLAH KEPUTUSAN MULAI HARI INI UNTUK TERJUN MENYELAM KE ALIRAN SUNGAINYA TUHAN!!! Putuskan ada perubahan hari ini!

No comments: