Friday, February 25, 2011

ECC Morning Service: Rest in The Lord

 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Terkadang sebagian dari kita sering menjalani kehidupan dengan rasa marah dan kecewa karena kita melihat orang-orang yang hidupnya tidak jujur, tidak mengenal Tuhan dan bahkan sering merugikan banyak orang tetapi hidupnya penuh dengan keberhasilan
dan kelimpahan. Hal-hal buruk yang dilakukannya mendatangkan keberhasilan dalam hidupnya, sementara hal-hal baik yang kita lakukan malah tidak membawa kita kemana-mana. Alkitab juga membahas tentang keadaan ini, Tuhan memberi tahu apa yang seharusnya kita lakukan dalam keadaan seperti ini. Tidak perlu khawatir Tuhan tetap menjanjikan kehidupan penuh dengan kemenangan bagi kita yang hidup dalam jalannya.

 ------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pelayan Firman : Senior Pastor Nala Widya
REST IN THE LORD

Maz 37:7-11
37:7. Berdiam dirilah di hadapan TUHAN dan nantikanlah Dia; jangan marah karena orang yang berhasil dalam hidupnya, karena orang yang melakukan tipu daya.
37:8 Berhentilah marah dan tinggalkanlah panas hati itu, jangan marah, itu hanya membawa kepada kejahatan.
37:9 Sebab orang-orang yang berbuat jahat akan dilenyapkan, tetapi orang-orang yang menanti-nantikan TUHAN akan mewarisi negeri.
37:10 Karena sedikit waktu lagi, maka lenyaplah orang fasik; jika engkau memperhatikan tempatnya, maka ia sudah tidak ada lagi.
37:11 Tetapi orang-orang yang rendah hati akan mewarisi negeri dan bergembira karena kesejahteraan yang berlimpah-limpah.

Terkadang sebagian dari kita sering menjalani kehidupan dengan rasa marah karena kita sering melihat orang-orang yang hidupnya tidak jujur, tidak mengenal Tuhan dan bahkan sering merugikan banyak orang tetapi hidupnya penuh dengan keberhasilan dan kelimpahan.

Ayat di atas mengajarkan kita satu hal, yaitu berdiam dirilah di hadapan Tuhan. Di tahun ini mari kita menambahkan satu prisip di kehidupan kita, yaitu prinsip untuk Rest in the Lord, kita harus belajar untuk berdiam diri dan tetap menantikan Tuhan. 

Tuhan ingin kita berdiam diri, dan menantikan Tuhan karena segala sesuatu belum berakhir, mungkin saat ini orang-orang yang hidupnya tidak benar terlihat sedang “memenangkan pertandingan”, tetapi hidup anda belum berakhir, Tuhan pasti dan akan melakukan sesuatu.

37:11 Tetapi orang-orang yang rendah hati akan mewarisi negeri dan bergembira karena kesejahteraan yang berlimpah-limpah.

Tuhan berjanji bagi mereka yang menantikan Tuhan akan mewarisi negeri, mewarisi negeri berarti menjadi orang yang memiliki pengaruh di negeri dimana dia berada. Jika ia seorang atlet dia akan menjadi atlet nasional, jika ia menjadi pengusaha usahanya akan menjadi market leader di mana dia berada, jika dia ilmuwan dia akan menjadi ilmuwan yang mendatangkan perubahan untuk negerinya.

Dalam ayat 11, dikatakan bahwa orang yang rendah hari akan memiliki kesejahteraan yang berlimpah-limpah, ayat ini tidak sedang mengatakan tentang kesejahteraan di surga nanti, tetapi kesejahteraan di bumi ini selama kita hidup. Tuhan berjanji bahwa orang yang menantikan Tuhan akan diberi kesejahteraan yang berlimapah-limpah.

Arti dari kesejahteraan yang berlimapah-limpah adalah orang yang menjadi berkat buat orang-orang lain, hidupnya bukan hanya cukup untuk dirinya sendiri, tetapi juga cukup untuk memberkati orang lain. Itulah janji Tuhan, dan jika itu belum terjadi saat ini, nantikanlah Tuhan, karena segala sesuatunya belum selesai.

Belajarlah menantikan Tuhan, karena segala sesuatu belum berakhir. Suatu hari Tuhan akan berbuat, Tuhan akan melakukan sesuatu. Orang yang menantikan Tuhan akan menerima lebih daripada orang yang berusaha sendiri.

Ingat dalam proses menabur dan menuai, hasilnya pernah akan langsung muncul. Selalu ada proses penantian, dan kita harus menantikan Tuhan. Mungkin sekarang usaha anda masih merugi, tapi tidak apa-apa, karena segala sesuatu ada waktunya, jika anda menantikan Tuhan perusaan anda tidak akan selalu merugi.

APA YANG TUHAN AKAN BUAT 
Maz 37 : 23-24
TUHAN menetapkan langkah-langkah orang yang hidupnya berkenan kepada-Nya; apabila ia jatuh, tidaklah sampai tergeletak, sebab TUHAN menopang tangannya.

TUHAN AKAN MENETAPKAN LANGKAH KITA
Tahun ini akan ada pimpinan Tuhan dalam kehidupan kita, Tuhan akan menetapkan langkah kita, Dia akan menunjukan kemana kita harus pergi dan pilihan apa yang harus kita lakukan. Keputusan-keputusan yang kita ambil akan sesuai dengan ketetapan-Nya.

TUHAN AKAN MENOPANG TANGAN KITA
Ayat di atas sedang berbicara apabila kita jatuh, itu artinya orang Kristen juga bisa jatuh dan gagal, namun janji Tuhan berkata bahwa apabila kita jatuh, kita tidak akan sampai tergeletak, karena Tuhan akan menopang tangan mereka. Itulah sebabnya orang Kristen seharusnya menjadi orang-orang yang tidak takut gagal, karena adalah janji Tuhan bahwa kita akan

Orang Kristen bisa gagal dalam usahanya, studinya atau apa pun yang dilakukannya, tetapi selalu ada pemeliharaan yang luar biasa, sehingga meskipun kita jatuh kita tidak akan “tamat” karena tangan Tuhan yang tidak pernah jatuh akan selalu menopang kita.

APA YANG TUHAN BERIKAN
Maz 119:105: Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.

Your Word is a light for you way
Tuhan memberikan Firman-Nya, Firman Tuhan adalah pelita atau light dalam kehidupan kita, itu artinya melalui Firman Tuhan kita diberikan segala yang kita butuhkan untuk menjalani kehidupan kita. Tuhan memberikan kita tujuan dan cara untuk mencapainya.

Melalui Firman Tuhan kita akan diberikan visi hidup kita dan juga cara mencapainya, melalui Firman Tuhan kita akan diberi kebijaksanaan untuk mengambil keputusan-keputusan penting dalam kehidupan kita. Putuskanlah berbagai pertanyaan dalam kehidupan anda sesuai dengan Firman Tuhan.

Firman Tuhan dapat berbicara dengan dua cara :

Logos 
adalah tulisan-tulisan Firman Tuhan, sesuai dengan yang tertulis di Alkitab.

Rhema
adalah Firman yang berbicara secara khusus, dalam waktu yang khusus, pada diri anda. Melalui Firman yang sama, Tuhan bisa berbicara secara khusus kepada setiap orang. Tuhan bisa menunjukan jalan-Nya untuk hidup anda, jalan kehidupan anda ditunjukan oleh Tuhan melalui Firman-Nya.

Milikilah waktu untuk bermeditasi, renungkanlah Firman Tuhan, dan dapatkan Rhema dari Tuhan yang akan menjadi pelita dalam hidup anda. Rhema is a personal word from God to you. Pastikan anda mendapatkan Rhema anda.

No comments: