Sunday, March 15, 2009

ECC Morning Service: Padang Gurun

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
“Saat ini perjalanan dari Mesir ke Israel (Tanah Kanaan) hanya membutuhkan waktu 5,5 jam jika dilakukan dengan menggunakan bus wisata. Lalu kenapa orang Israel membutuhkan waktu 40 tahun untuk sampai ke Israel? Perjalanan 40 tahun di Padang Gurun tersebut menyimpan banyak maksud Tuhan kepada manusia baik di jaman tersebut dan sampai saat ini. Apa saja yang bisa kita pelajari dari perjalanan tersebut?”
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------ 
Pelayan Firman : Senior Pastor Nala Widya
PADANG GURUN

Bayangkan jika anda berada di padang gurun, ketika di kanan dan di kiri anda terlihat hamparan pasir yang tidak berujung, begitu juga di depan dan belakang anda. Panas di siang hari dan dingin di malam hari akan menyiksa anda. Anda juga akan merasa lapar dan haus karena tidak ada yang dapat dimakan ataupun diminum.
Dalam kondisi tersebut Anda tidak melihat adanya jalan keluar, kemanapun Anda pergi situasinya akan tetap sama. Pernahkah Anda merasa bahwa kehidupan Anda berada di padang gurun?

ULANGAN 8: 1 - 2
“ Segenap perintah yang kusampaikan kepadamu hari ini, haruslah kamu lakukan dengan setia, supaya kamu hidup dan bertambah banyak dan kamu memasuki serta menduduki negeri yang dijanjikan Tuhan dengan sumpah kepada nenek moyangmu. Ingatlah kepada seluruh perjalanan yang kaulakukan atas kehendak Tuhan, Allahmu, di padang gurun selama empat puluh tahun ini dengan maksud merendahkan hatimu dan mencobai engkau untuk mengetahui apa yang ada dalam hatimu, yakni, apakah engkau berpegang pada perintah-Nya atau tidak.”

Hal pertama yang bisa dipelajari dan yakini adalah
ADA MAKSUD TUHAN dari keberadaan kita di padang gurun?

Jika kita bertanya, “Kenapa saya punya masalah?” Jawabannya hanya satu, “Karena Tuhan mau membentuk kita.”
Tuhan kita mengatakan bahwa "Tidak ada sehelai rambut pun yang yang jatuh di luar sepengetahuan Tuhan" itu artinya tak ada kejadian yang terjadi di hidup kita yang Tuhan kita tidak tahu.

Maksud Tuhan adalah :
1.MENGHANCURKAN KESOMBONGAN KITA.
Kita semua tau jika kita berada di "taman firdaus", tetapi ketika kita berada di "padang gurun" kita akan berteriak-teriak meminta pertolonganNya. Padang gurun akan menghancurkan semua kesombongan kita, dan membuat kita kembali padaNya,



2.MENGUJI KESETIAAN KITA.
Ketika kita dalam masalah ada dua kemungkinan yang dapat kita lakukan; berlari ke hadapan Tuhan atau berlari dari Tuhan. Kesulitan akan menunjukan kesetiaan kita kepada Tuhan. Ayat 2 mengatakan itu dengan jelas, “Apakah kita tetap berpegang pada perintah-Nya ketika kita berada di Padang Gurun.”

Seorang bapak menelepon gembalanya dan berkata, “ Puji Tuhan, atas seizin Tuhan hari ini saya terkena PHK, tolong doakan saya supaya saya bisa kuat melewati semua pencobaan ini dengan baik.”
Apakah Anda memiliki kesetiaan sebesar itu kepada Tuhan, untuk tetap bersyukur meskipun anda tidak melihat jalan keluar dari masalah yang menimpa Anda?

Selain untuk menguji, Tuhan juga ingin mengajarkan kita banyak hal melalui padang gurun

ULANGAN 8: 3
"Jadi Ia merendahkan hatimu, membiarkan engkau lapar dan memberi engkau manna, yang tidak kaukenal dan yang juga tidak dikenal oleh nenek moyangmu, untuk membuat engkau mengerti, bahwa manusia hidup bukan dari roti saja, tetapi manusia hidup dari segala yang diucapkan Tuhan."

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari manna yang Tuhan berikan kepada bangsa Israel. 

Tuhan mencukupkan kebutuhan kita meskipun kita berada di padang gurun. 
Bangsa Israel tidak mati kelaparan meskipun mereka tinggal di padang gurun selama 40 tahun, Tuhan membiarkan mereka merasa lapar, tetapi Dia tetap mencukupi kebutuhan mereka dari hari ke hari.

Tuhan ingin menghancurkan ketamakan dan kemalasan kita.
Manna tidak dapat disimpan, dalam satu malam manna akan membusuk sehingga orang Israel harus mengambilnya setiap pagi untuk mencukupi kebutuhan pada hari tersebut, kegiatan itu harus mereka lakukan setiap hari, tidak ada seorang pun yang bisa menimbun manna dan bermalas-malasan di hari yang akan datang. 

3. TUHAN INGIN KITA MENEMUINYA SETIAP HARI
Alasan mengapa manna turun setiap hari adalah supaya kita terus berserah dan bergantung kepada Tuhan setiap hari.Adalah sifat dasar manusia yang hanya menemui Tuhan ketika kita membutuhkan-Nya,oleh karena itu Tuhan membuat kita membutuhkan-Nya setiap hari.

Alasan yang sama mengapa seringkali sebuah gereja terus dihadapkan dengan masalah dana untuk pelayanannya. Mengapa Tuhan tidak memberikan uang 100 miliar kepada setiap gereja sehingga pelayanan tidak terhambat masalah biaya? Jawabannya kerena Tuhan ingin kita terus meminta kepada-Nya, karena Tuhan tahu jika semua kebutuhan kita dicukupi maka kita tidak akan pernah lagi berhubungan dengan-Nya.

TUHAN KITA ADALAH TUHAN YANG SENANG DITEMUI SETIAP HARI.
“Bukan hanya kekasih anda yang ingin ditelepon setiap malam sebelum anda tidur, Tuhan juga ingin “ditelepon” setiap malam."

ULANGAN 8 : 4
"Pakaianmu tidaklah menjadi buruk di tubuhmu dan kakimu tidaklah menjadi menjadi bengkak selama 40 tahun ini."

TUHAN MEMBERIKAN KITA DAYA TAHAN
Meskipun berjalan selama 40 tahun, kaki bangsa Israel tidaklah bengkak dan bajunya tidak rusak, hal itu mengajarkan bahwa Tuhan selalu memberikan daya tahan untuk menghadapi padang gurun kehidupan. Apapun masalah yang sedang Anda hadapi atau akan Anda hadapi, Tuhan akan selalu memberi daya tahan untuk menghadapi semua itu.

ULANGAN 8 : 5

Maka haruslah engkau insyaf, bahwa Tuhan, Allahmu, mengajari engkau seperti seorang mengajari anaknya.
Semua masalah, padang gurun, yang kita hadapi dalam kehidupan kita adalah cara seorang bapa mengajari anak-Nya. Seorang anak mungkin menangis ketika bapanya membiarkan masalah menimpanya, tetapi seorang bapa tahu apa yang dilakukannya dan melakukan itu untuk kebaikan anaknya.
Janganlah terlalu mengasihani diri sendiri ketika masa-masa sulit terjadi dalam hidup anda hal itu terjadi karena anda adalah anak Allah.

Selain membiarkan anak-anaknya melewati padang gurun, Tuhan kita juga menjanjikan sesuatu pada kita.

ULANGAN 8: 7-10

Sebab Tuhan, Allahmu, membawa kamu masuk ke negeri yang baik, … , negeri dengan gandum, pohon anggur dan madunya, … suatu negeri dimana engkau akan makan roti dengan tidak usah berhemat, dimana engkau tidak akan kekurangan apa pun; … engkau akan makan dan akan kenyang, maka engkau akan memuji Tuhan, Allahmu, karena negeri yang baik yang diberikan-Nya kepadamu.

Seperti bangsa Israel yang berhasil melewati padang gurun dan sampai ke tanah perjanjian, kita juga dijanjikan hidup yang berkelimpahan ketika berhasil lolos dari padang gurun. Tuhan akan memberikan apa yang kita butuhkan, apa yang kita inginkan dan memberikan kita kepuasan terhadap itu semua. Kita juga akan memuji Tuhan atas semua yang telah dilakukan-Nya dalam kehidupan kita.

Semua orang yang merindukan kelimpahan tersebut, harus melewati padang gurun.


KISAH HIDUP LANCE ARMSTRONG
Lance Armstrong adalah seorang atlet sepeda yang dinobatkan sebagai salah satu atlet olahraga terbaik di abat ini, karena dia berhasil menjuarai Tour de France sebanyak 7 kali berturut-turut. Tour de France adalah kejuaraan sepeda paling bergengsi dan paling berat di dunia, yang berlangsung selama 23 hari, dan menempuh jarak 3554 km.

Lance Amstrong adalah atlet yang berbakat sejak usia mudanya, namun karirnya hampir tamat b egitu juga dengan hidupnya ketika ia divonis terjangkit penyakit kanker testis, kanker tersebut telah menjalar sampai ke paru-paru dan juga otaknya.Mengetahui hal tersebut, hidupnya terpuruk, ia berniat menghabiskan sisa hidupnya dengan mengasihani dirinya, badannya menjadi gemuk dan kerjanya hanyalah bermalas-malasan.

Sampai suatu hari pelatihnya mendatanginya dan terus membujuknya untuk berjuang melawan kanker yang dideritanya. Sampai pada akhirnya dia memutuskan untuk berjuang melawan kanker tersebut, operasi demi operasi dia jalani, puluhan sesi kemoterapi dia hadapi. Melalui proses yang sangat menyakitkan dia berusaha untuk pulih, dan kembali mengayuh sepedanya.

Perjuangan itu baru terbayar ketika ia menjadi juara di Tour de France, dia menjadi atlet yang tidak bisa dikalahkan, terkenal, dihormati dan menjadi panutan bagi setiap atlet di dunia.

Salah satu universitas di Amerika memutuskan untuk meneliti Lance Armstrong untuk menemukan rahasia di balik kekuatannya tersebut, ketika diteliti ditemukan bahwa denyut nadinya bisa berdetak jauh lebih sering dibandingkan orang biasa, paru-parunya 30% lebih besar dari paru-paru manusia biasa, dan adrenalin di otaknya 10% lebih banyak.Tetapi hal tersebut bukanlah sesuatu yang dimilikinya sejak lahir, tetapi merupakan “akibat” dari berbagai proses pengobatan kanker yang dilaluinya.

1 comment:

CheezCo said...

seneng banget ada blog ECC
dulu sempet kepikiran untuk buat seperti ini, tapi karena harus pindah ke jakarta akhirnya ga jadi.
So, thanks banget ya buat yg punya hati untuk nulis ini di blog, sehingga kami2 yang kangen sama khotbah para 'babeh' bisa baca disini!

keep it up!! God Bless!