Sunday, April 24, 2011

ECC Morning Service: Two Become One

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pria dan Wanita adalah 2 individu yang diciptakan berbeda, keduanya memiliki sudut pandang yang berbeda, keinginan yang berbeda dan kebutuhan yang berbeda. Ketika seorang pria menikah dengan seorang wanita, Firman Tuhan mengharuskan kedua individu itu untuk bersatu, dan menjadi satu daging. Hal itu bukanlah suatu proses yang sederhana dan mudah, hari ini kita akan belajar perbedaan-perbedaan dan kebutuhan psikologis pria dan wanita yang harus kita pelajari dalam menjalani kehidupan pernikahan. Sehingga kehidupan keluarga bisa berjalan bersama, dan mencapai visi Tuhan dalam kehidupan mereka.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Pelayan Firman: Pastor Ivan Saputro
TWO BECOME ONE
 
Kejadian 2:24
Sebab itu seorang laki-laki akan meninggalkan ayahnya dan ibunya dan bersatu dengan isterinya, sehingga keduanya menjadi satu daging.
 

Setiap pria akan melewati 3 proses dia setelah menikah:  

MENINGGALKAN AYAH DAN IBUNYA
Dalam bahasa aslinya, kata meninggalkan memiliki beberapa arti:


Mengendorkan otoritas, artinya setelah menikah tidak ada seorang suami dibebaskan dari disiplin dan control dari orang tuanya,  
Meninggalkan secara fisik, suami istri harus meninggalkan orang tuanya secara fisik, dan tinggal di tempat yang berbeda. 
Meninggalkan secara finance, suami istri harus bisa independen secara finance dan tidak bergantung lagi kepada orang tuanya.
 
BERSATU DENGAN ISTRI
Ini sedang berbicara tentang komitmen, hubungan suami istri harus didasarkan atas komitmen, dan bukan mood, kemauan atau feeling, karena mood atau feeling bisa suatu saat berubah dengan berubahnya keadaan, itu sebabnya hubungan harus diproteksi dengan komitmen. Apa pun yang terjadi komitmen pernikahan harus terus dijaga, kita harus punya komitmen atas janji pernikahan kita.
 
MENJADI SATU DAGING
Menjadi satu daging bukan hanya berbicara tentang hubungan sex. Hubungan sex hanya merupakan salah satu arti dari menjadi satu daging.
Sebagai suami istri kita harus menjadi satu, dan bukan lagi dua.
Bagaimana dan proses apa yang harus kita lakukan cara supaya kita menjadi satu.
 
Lukas 24: 13-18
13. Pada hari itu juga dua orang dari murid-murid Yesus pergi ke sebuah kampung bernama Emaus, yang terletak kira-kira tujuh mil jauhnya dari Yerusalem,
14 dan mereka bercakap-cakap tentang segala sesuatu yang telah terjadi.
15 Ketika mereka sedang bercakap-cakap dan bertukar pikiran, datanglah Yesus sendiri mendekati mereka, lalu berjalan bersama-sama dengan mereka.
16 Tetapi ada sesuatu yang menghalangi mata mereka, sehingga mereka tidak dapat mengenal Dia.
17 Yesus berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu percakapkan sementara kamu berjalan?" Maka berhentilah mereka dengan muka muram.
18 Seorang dari mereka, namanya Kleopas, menjawab-Nya: "Adakah Engkau satu-satunya orang asing di Yerusalem, yang tidak tahu apa yang terjadi di situ pada hari-hari belakangan ini?"

Ayat ini menceritakan pristiwa yang terjadi pada hari paskah, ketika seorang dua orang murid-murid Yesus, yang menurut penelitan kemungkinan besar adalah pasangan suami istri, yaitu Kleopas dan istrinya.
 
Hari ini kita akan mempelajari bagaimanakan hubungan suami istri yang tertulis di Alkitab.
Dalam ayat 14 dikatakan, “mereka bercakap-cakap tentang segala sesuatu” , kata bercakap-cakap dan bertukar pikiran.
 

Seperti dikatakan pada ayat 17, ketika mereka ber-communion, Yesus mendekati mereka, itulah yang juga akan terjadi dalam kehidupan berumah tangga. Yesus akan mendekat kepada pasangan yang memiliki communion, dan hidup menjadi satu.
 
Communion adalah proses dimana terjadi kesatuan antara dua orang manusia yang penuh dan utuh dan menjadi suatu kesatuan.
 

Itu artinya baik pria atau wanita harus penuh dalam hidupnya. Sebelum menikah seorang pria dan wanita harus utuh dan penuh dalam kehidupannya, pernikahan bukanlah alat untuk memenuhi kehidupan seseorang, karena jika pria dan wanita tidak penuh, dalam pernikahan mereka akan tarik-menarik memperoleh kepenuhan dalam kehidupannya, dan hal itu tidak akan bisa terjadi. Pernikahan adalah communion antara 2 orang yang penuh, menjadi satu.
 
Untuk menjadi satu kita harus belajar memahami pasangan kita, hari ini kita akan belajar mengenai kebutuhan psikologis seorang pria dan seorang wanita dalam sebuah pernikahan, hal yang kita akan bahas bukan sekedar teori psikologi, melainkan hal-hal yang tertulis di Alkitab.
 
Untuk menjadi satu daging, kita harus memahami perbeadaan-perbedaan antara pria dan wanita. Karena pria dan wanita memiliki kebutuhan, keinginan dan pandangan yang berbeda. Perbedaan yang harus kita pahami supaya kita bisa hidup menjadi satu daging dengan pasangan kita.
Sehingga suami istri bisa berjalan bersama, dan mencapai visi yang Tuhan.
 
KEBUTUHAN PRIA DAN WANITA
KEBUTUHAN WANITA: KASIH SAYANG
Semua istri tanpa terkecuali selalu membutuhkan kasih sayang dari suaminya, wanita selalu membutuhkan pengakuan san pujian dari suaminya.
Mungkin dulu ketika masih berpacaran seorang pria selalu memperhatikan dan bersikap romantis pada pasangannya, namun seringkali ketika sudah menikah hal tersebut berhenti dan tidak terulang lagi dalam kehidupan berumah tangga.
 

Seorang suami harus melatih dirinya untuk bisa mengungkapkan kasihnya kepada istri, pria harus belajar untuk biasa mengucapkan “ I Love You”, memuji, menggandeng dan memeluk istrinya, karena itu merupakan kebutuhan seorang istri.
 

Semua wanita membutuhkan affection. mungkin wanita tersebut terlihat dominan, “tomboy”, atau memiliki kedudukan yang tinggi, tapi mereka semua selalu membutuhkan pernyataan kasih dari pasangannya.
 
Hal ini merupakan sesuatu yang Alkitabiah, dalam Alkitab dikatakan Ishak mencumbu istrinya, dalam Kidung Agung, Salomo menulis pujian-pujiannya untuk pasangannnya. Dia menunjukan kasih sayangnya pada pasangannya.
 

Seperti itulah hubungan suami istri yang tertulis dalam Alkitab.
Jika anda seorang suami, coba ingat-ingat lagi kapan terakhir kali anda memeluk istri anda, kapan anda mengatakan I love uou kepadanya. Jika anda tidak terbiasa melakukan itu, biasakanlah karena itu adalah kebutuhan istri anda.

KEBUTUHAN PRIA: KEPUASAN SEKS
Ada sebuah quotes yang cukup terkenal, “ Jika suami tidak mendapatkan seks dalam pernikahan, dia akan mencarinya ke tempat lain.”
Quotes itu mungkin terdengar kejam, tetapi itu adalah sebuah kebenaran.
Firman Tuhan mengatakan


1 Kor 7:4
Isteri tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi suaminya, demikian pula suami tidak berkuasa atas tubuhnya sendiri, tetapi isterinya

Seorang wanita harus berkomitmen dan menyiapkan diri untuk memenuhi kebutuhan seks suaminya, karena seperti tertulis dalam ayat di atas, tubuh kita adalah milik pasangan kita.
Jadi walaupun terkadang wanita dalam keadaan lelah karena aktifitas sehari-hari, tetapi wanita harus belajar untuk tetap memenuhi kebutuhan seks suaminya.
 

Penelitian mengatakan seorang Pria rata-rata berpikir tentang seks 7 kali sehari, setiap 2 - 3 jam sekali. Sama seperti kasih sayang adalah kebutuhan wanita, kepuasan seksual adalah kebutuhan dari seorang pria.

KEBUTUHAN WANITA: KOMUNIKASI

Riset menunjukan wanita pada umumnya butuh mengucapkan 30.000 kata setiap hari, sementara pria hanya 15.000 kata setiap hari.
Jadi banyangkan jika seorang ibu rumah tangga yang tinggal di rumah, dan sibuk mengurus pekerjaan rumah tangganya sepanjang hari, dan dia mungkin hanya mengucapkan 2.000 kata dari pagi sampai sore. Itu artinya dia masih butuh mengatakan 28.000 kata lagi pada hari tersebut.
 
Itu sebabnya ketika suaminya pulang istri masih memiliki 28.000 kata untuk dikatakan, sementara sang suami yang sudah lelah bekerja dan sudah mengucapkan 14.000 kata sepanjang hari, sehingga hanya tinggal memiliki sisa 1.000 kata lagi.
Itu sebabnya sering kali istri berbicara tanpa henti ketika suaminya pulang, karena itu merupakan kebutuhannya.
 
Pada umumnya kebutuhan seorang istri yang utama adalah untuk didengarkan, dan bukan solusi, karena mereka umumnya istri sudah tahu solusinya, mereka hanya butuh didengarkan dan diberikan perhatian atas cerita-ceritanya.
Seorang suami harus belajar untuk mendengarkan dan memperhatikan perkataan istri, karena itulah yang dibutuhkan oleh seorang istri.
 
Kolose 4:6
Hendaklah kata-katamu senantiasa penuh kasih, jangan hambar, sehingga kamu tahu, bagaimana kamu harus memberi jawab kepada setiap orang.

Seorang suami juga harus belajar untuk menanggapi perkataan istrinya dengan baik, memberikan jawaban yang penuh kasih dan tidak hambar. Belajarlah berkomunikasi dengan istri anda karena itu adalah kebutuhannya istri anda.
 
KEBUTUHAN PRIA: TEMAN REKREASI
Melalui pernikahan adalah untuk menjadi sahabat terbaik bagi pasangan anda, setiap pria selalu memiliki hobby dan kesenangannya masing-masing, sebagian suka berolahraga, nonton sepak bola, dll.
Sebelum menikah umumnya itu mereka lakukan dengan teman dan sahabatnya, setelah menikah seorang istri harus bisa menjadi sahabat terbaik bagi suaminya, sehingga ia nyaman berada di rumah. Pria butuh ditemani dalam melakukan hobby dan kesenangannya. Sehingga hubungan tidak membosankan, karena suami  bisa melakukan kesengannya dengan istri.
Pastikan anda menjadi sahabat terbaik bagi suami anda. 
 

KEBUTUHAN WANITA: KEJUJURAN DAN KETERBUKAAN
Jika anda menemukan bahwa istri anda selalu penasaran dan ingin tahu atas setiap detail kegiatan anda. Janganlah heran karena Itulah wanita, mereka selalu penasaran dan menuntut kejujuran dan keterbukaan dari suaminya.
Jangan marah jika istri anda “terlalu” memperhatikan anda, dan bertanya segala sesuatu, karena seorang istri selalu membutuhkan jawaban yang detail dan terbuka dari suaminya.

KEBUTUHAN PRIA: PASANGAN YANG MENARIK

Seorang suami menginginkan istrinya berpenampilan cantik dan menarik, istri harus menjaga penampilannya, janganlah menjadi istri atau ibu rumah tangga yang memakai baju tidur sepanjang hari, dan tidak memperhatikan penapilannya di depan suami.
Jadilah pasangan yang menarik dan dikagumi suami anda. Sehingga ketika suami pulang kerja, dia melihat pemandangan yang indah. Istri harus memperhatikan berat badan, make up, rambut dan pakaian yang dipakainya. Sehingga ia selalu menjadi pemandangan yang indah bagi suaminya.

KEBUTUHAN WANITA: FINANCIAL SUPPORT
Istri sering kali khawatir akan keadaan keuangan keluarganya, ini juga adalah kebutuhan seorang istri. Seorang suami harus memiliki penghasilan yang cukup untuk menghidupi keluarga dan anak-anaknya meskipun istrinya tidak bekerja. Keluarga juga harus memiliki perencanaan keuangan yang baik, sehingga setiap kebutuhan keluarga bisa dipenuhi.

KEBUTUHAN PRIA: DOMESTICAL SUPPORT
Seorang suami membutuhkan keadaan rumah yang rapi, bersih, mereka menginginkan berbagai pekerjaan rumah tangga sudah terlaksanakan ketika dia pulang ke rumah. Suami ingin disajikan makan malam oleh istrinya dan bukan oleh pembantu. Pria membutuhkan istrinya untuk mengurus berbagai perkerjaan rumah tangga.
 
KEBUTUHAN WANITA: FAMILY COMMITMENT
Seorang istri membutuhkan pria yang memiliki komitmen dan bisa menjadi leader bagi keluarganya. Sebagai kepala keluarga seorang pria harus memiliki tanggung jawab dan komitmen penuh untuk melaksanakan tanggung jawabnya. Salah satunya adalah komitmen waktu untuk keluarganya, suami dan ayah yang baik harus bisa mengatur waktu sehingga bisa memiliki quality time dengan keluarganya.
 
KEBUTUHAN PRIA: DIKAGUMI
Semua pria membutuhkan pengakuan dan kekaguman dari istrinya. Dibalik segala keangkuhan, kekuatan dan kesombongan yang dimiliki oleh seorang pria, setiap pria sangat butuh dan rindu untuk dikagumi oleh istrinya. Seorang suami akan sangat bahagia jika mengetahui istrinya mengatakan kebaikan dan prestasinya kepada orang lain.  Kekaguman dari sang istri adalah pujian terbaik yang bisa diterima oleh seorang suami.

BANK CINTA
Dalam kehidupan suami istri, ada yang disebut bank cinta, ada sistem deposit cinta, jika salah satu melakukan sesuatu yang benar, maka deposit cinta pasangannya kepada dia akan ditambahkan, begitu juga sebaliknya, jika salah satu melakukan hal yang salah dan merugikan maka deposit cintanya akan berkurang.
Suami dan istri memiliki love bank untuk dipenuhi, belajarlah memperlakukan pasangan anda dengan lebih baik lagi, belajarlah untuk mengerti dan memahami kebutuhan emosional pasangan anda.

No comments: